Manfaat Buah Sirsak untuk Menyembuhkan Penyakit Kronis

Advertisement
Ketika kita merasakan kesegaran jus buah Sirsak, mungkin kita tidak menyangka jika buah yang bentuknya mirip durian ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Sirsak termasuk tanaman obat yang tidak hanya lezat namun juga memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti buah manggis, manfaat buah Sirsak juga begitu penting untuk kesehatan sebab Sirsak kaya akan serat, lemak, karbohidrat, air, kalium, dan vitamin C.

Selain beberapa kandungan mineral diatas, buah Sirsak juga mengandung fosfor dan kalsium. Pada 100 gram buah Sirsak terkandung 27 mg fosfor dan 14 mg kalsium. Mineral fosfor dan kalsium ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang serta mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Manfaat Buah Sirsak untuk Menyembuhkan Penyakit Kronis

Manfaat Buah Sirsak

Lebih lanjut, berikut ini manfaat buah Sirsak secara lengkap.
  • Menetralkan Kadar Kolesterol Darah
Seperti yang disebutkan diatas buah Sirsak kaya akan mineral, termasuk serat. Bahkan dalam 100 gram Sirsak mampu memenuhi 13% kebutuhan serat untuk tubuh kita. Kandungan serat ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam darah. Dengan sendirinya hanya ada kolesterol baik dalam tubuh kita.
  • Mengobati Hipertensi dan Asam Urat
Sejauh ini kita hanya mengenal daun Sirsak sebagai obat herbal untuk menyembuhkan hipertensi. Ternyata buah sirsak juga memiliki khasiat yang sama untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan kandungan antioksidan dan kaliumnya mampu menyembuhkan asam urat dan keluhan dibagian persendian.
  • Mencegah Dehidrasi
Diantara semua mineral yang terkandung pada buah Sirsak lebih dari 50% didominasi oleh air. Bahkan dalam 1 gelas jus Sirsak mengandung lebih dari 100 gram air. Oleh sebab itu kesegaran buah Sirsak juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi terutama saat cuaca terik.
  • Menyembuhkan Luka dan Mencegah Kerusakan Kulit
Buah sirsak mengandung vitamin C cukup tinggi yang bersifat antioksidan. Antioksidan pada buah Sirsak ini sangat efektif untuk menangkal berbagai penyakit di dalam tubuh. Vitamin C juga berfungsi menutrisi sel kulit sehingga tidak hanya mempercepat penyembuhan luka namun juga mencegah kerusakan kulit.
  • Mengontrol Kadar Gula Darah
Kandungan karbohidrat pada buah Sirsak termasuk jenis karbohidrat kompleks yang sanggup memenuhi kebutuhan karbohidrat sebanyak 38 gram per hari sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat kompleks juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Ini berbanding terbalik dari karbohidrat sederhana yang terdapat pada kue atau semua jenis fastfood yang justru bisa membuat kadar gula darah tidak stabil. Seperti yang kita tahu, kadar gula berlebih yang bersumber dari karbohidrat sederhana adalah pemicu utama penyakit diabetes mellitus.

Manfaat Buah Sirsak

Masih banyak lagi manfaat buah sirsak untuk memperbaiki kondisi kesehatan kita. Misalnya kandungan serat yang tinggi mampu mengatasi masalah kegemukan dan kandungan kalium-nya yang cukup efektif mengoptimalkan kinerja otot tubuh dan memperbaiki kekuatan tulang. Jadi untuk kondisi kesehatan yang prima, jangan ragu mengonsumsi buah Sirsak setiap hari.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Sirsak untuk Menyembuhkan Penyakit Kronis