Segudang Khasiat dan Manfaat Buah Pisang

Advertisement
Bisa dibilang pisang adalah buah yang paling mudah ditemukan disemua tempat termasuk di Indonesia. Tak hanya Buah Alpukat, Buah Pisang juga dengan mudah kita temukan di pasar-pasar tradisional atau kios-kios buah di pinggir jalan. Meskipun harganya tergolong murah, banyak sekali manfaat Buah Pisang terutama untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan mempertahankan kecantikan kulit. Pisang mengandung segudang nutrisi yang mungkin diluar bayangan kita sebelumnya. Dalam satu Buah Pisang banyak mengandung serat, zink, vitamin A, B, C, dan vitamin E serta zat besi yang semuanya sangat membantu menjaga vitalitas tubuh.
Segudang Khasiat dan Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang

  • Sebagai Sumber Energi
Glukosa, sukrosa, dan fruktosa adalah zat gula alami yang terkandung pada buah pisang. Zat gula alami tersebut lebih cepat dicerna dan diubah menjadi energi. Dengan sendirinya kebutuhan energi kita tetap tercukupi dengan mengonsumsi buah pisang. Kita bisa lihat pada jeda pertandingan kebanyakan atlet mengonsumsi Buah Pisang. Tujuannya tak lain untuk memulihkan energi yang sempat terkuras.
  • Meredakan Luka Lambung
Buah Pisang mengandung zat anti-asam yang bersifat menenangkan. Oleh sebab itu Buah Pisang sangat efektif meredakan lambung yang terasa perih akibat asam lambung yang berlebihan. Umumnya karena kandungan asam berlebih, terdapat semacam luka berbentuk oval pada lambung (sering disebut ulkus). Luka atau iritasi lambung ini bisa dicegah dengan mengonsumsi Pisang secara rutin.
  • Mempertahankan Kesehatan Sistem Syaraf
Selain mampu menjaga kesehatan lambung dan organ pencernaan lainnya, manfaat Buah Pisang juga bisa mengurangi resiko serangan penyakit stroke. Hal ini disebabkan Pisang kaya akan potassium (kalium) yang mampu menjaga kesehatan sistem syaraf otak. Sejumlah penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi pisang secara teratur maka ada kemungkinan 40% seseorang terhindar dari serangan stroke. 
  • Sebagai Mood Booster
Dalam momen-momen tertentu suasana hati kita bisa saja rusak dan pikiran kacau. Kondisi ini kadang bisa memicu depresi hingga penyakit tidak bisa tidur (insomnia). Dalam hal ini Buah Pisang bisa berperan sebagai mood booster. Pisang banyak mengandung vitamin B6 (triftopan) dimana vitamin ini mempunyai peran sentral dalam produktivitas hormon serotin. Hormon serotin sendiri memiliki kemampuan menstabilkan suasana hati serta menenangkan otak sehingga kita terhindar dari bad mood.
  • Mengontrol Fungsi jantung
Salah satu manfaat Buah Pisang yang lain adalah mengontrol fungsi jantung. Seperti yang disebutkan diawal, pisang banyak sekali mengandung vitamin, termasuk potassium. Potassium sendiri mempunyai peran yang cukup penting untuk menjaga elektrisitas serta keseimbangan cairan dalam darah. Dengan kata lain potassium akan terserap dan mengikuti aliran darah, sehingga elektrisitas juga keeimbangan cairan dalam darah mampu menjaga jantung agar tetap sehat dan berfungsi secara normal. Jika kita kekurangan potassium dalam tubuh maka ritme jantung menjadi tidak beraturan. Hal ini sangat berbahaya karena dapat memicu gagal jantung bahkan serangan jantung.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Segudang Khasiat dan Manfaat Buah Pisang