Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Advertisement
Buah Manggis termasuk tumbuhan cemara tropis dengan nama latin Garcinia Mangostana. Selain di Indonesia buah Manggis juga banyak terdapat dibeberapa negara di kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Seperti Buah Cherry, Manfaat buah Manggis untuk kesehatan sangat luar biasa sehingga buah Manggis sering dijuluki sebagai “ratu buah”. Buah Manggis memiliki ciri khas rasa yang manis dengan kulit luar yang cukup tebal. Secara ilmiah buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh terutama untuk mencegah penyakit kronis yang biasanya menyerang organ dalam tubuh.

Sebenarnya manfaat buah Manggis sudah terkenal sejak zaman dulu. Penduduk China konon sudah menggunakan ramuan tradisional dari buah Manggis untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Hal ini karena buah Manggis banyak mengandung nutrisi, Polifenol, Vitamin C, serta memiliki kandungan kalori yang rendah.
Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Manggis

Seberapa banyak buah Manggis memberi efek positif bagi tubuh kita? Berikut ini beberapa diantaranya:
  • Melancarkan Sirkulasi Darah
Buah Manggis berperan aktif dalam melancarkan peredaran darah dari jantung keseluruh tubuh. Dengan meningkatnya aliran darah maka penyempitan pembuluh darah dapat diminimalkan. Dengan sendirinya tubuh terbebas dari penyakit kolesterol, ateroklerosis, dan nyeri hebat pada dada. Disamping itu kandungan nutrisi pada buah Manggis dapat mencegah penyakit katarak dan semua penyakit yang berhubungan dengan mata.
  • Menu Terbaik untuk Program Diet
Buah Manggis mengandung kadar kalori yang rendah. Oleh sebab itu buah ini sangat cocok disajikan untuk menu diet kalori. Secara rinci buah Manggis hanya mengandung 63 kalori per 100 gram serta bebas kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Sebaliknya buah Manggis kaya akan serat dan mengandung 13% RDA sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang mengalami masalah kegemukan dan obesitas.
  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Buah Manggis mengandung kadar polifenol atau Xanthone yang tinggi. Ada 2 jenis xanthone dalam buah Manggis yaitu xanthone gamma dan xanthone alpha. Kedua turunan xanthone tersebut bersifat anti-inflamasi yang terbukti memberi banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Dengan kata lain xanthone sangat bagus untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan beberapa kelainan jantung lainnya. Buah Manggis sendiri sering dimanfaatkan sebagai metode pengobatan bersifat tradisonal yang tidak hanya mencegah penyakit kardiovaskular namun juga penyakit kanker, serta menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel kulit.

Manfaat Buah Manggis untuk Kecantikan

Manfaat buah Manggis tidak hanya untuk kesehatan namun juga memiliki khasiat untuk kecantikan. Kandungan zat pada buah Manggis bersifat anti-bakteri dan anti-mikroba sehingga sangat ampuh untuk mengobati segala penyakit kulit. Jadi dengan mengonsumsi buah Manggis setiap hari, kecil kemungkinan kita akan mengalami permasalahan kulit seperti kulit berminyak, kulit kering, flek-flek hitam di wajah, serta jerawat. Kandungan senyawa xanthone pada buah Manggis relatif lebih tinggi dibanding buah lain sehingga lebih cepat memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan