10 Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami

Advertisement
Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Tradisional Memakai Bahan Alami - Asam urat termasuk salah satu penyakit yang mampu menyerang siapa saja. Bukan hanya orang yang sudah lanjut usia saja namun juga orang yang masih muda. Namun biasanya dialami oleh orang yang tengah berumur 40 tahun lebih terutama dialami oleh pria, namun untuk wanita umumnya sesudah terjadi menopause.

Selain itu asam urat biasanya menyerang pada persendian tubuh, umumnya sendi yang ada pada jari tangan, siku, tumit, jari kaki, lutut, dan sendi pergelangan tangan. Selain itu nyeri yang ditimbulkan dari asam urat tersebut sangat hebat. Selain itu penyakit tersebut juga bisa membuat anggota tubuh yang terserang akan mengalami pembengkakan ataupun peradangan.

Asam urat merupakan manifestasi hasil metabolisme dari zat purin yang telah terbentuk menyerupai kristal-kristal. Anda dapat menemukan zat purin ini dalam makanan yang akan anda makan, meski berasal dari sejenis makhluk hidup atau jenis tumbuh-tumbuhan. Sehingga bila anda mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang tengah mengandung zat purin, zat itulah yang nantinya bisa berpindah dalam tubuh anda.

Untuk setiap makanan yang akan masuk dalam tubuh anda nantinya diolah lewat proses metabolisme sehingga bisa menghasilkan zat asam urat. Sehingga setiap orang mempunyai asam urat. Tapi jumlah asam urat yang terlampau tinggi bisa berbahaya terhadap kesehatan tubuh manusia.

Dalam penanganannya, ada banyak cara mengobati asam urat seperti dengan mengonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan atau disarankan oleh dokter. Namun ada juga cara mengatasi asam urat dengan campuran bahan alami yang bisa dipakai sebagai bahan yang aman. Tetapi sebelumnya, Anda juga harus mengetahui beberapa gejala dari asam urat dibawah ini supaya Anda dapat mengobatinya secara dini sebelum asam urat yang Anda alami semakin parah. 

Inilah gejala asam urat yang harus anda waspadai :
  • Badan sering terasa capek serta pegal-pegal.
  • Terasa nyeri pada bagian otot, dan persendian pinggang, punggung, lutut, pundak, serta bahu. Yang akan ditandai dengan munculnya pembengkakan, serta kemerahan dan juga rasa nyeri yang sangat menyiksa tepat di bagian persendian, umumnya terjadi saat pagi hari dan bahkan malam hari.
  • Kerap buang air kecil ketika pagi hari setelah bangun tidur, dan umumnya lebih sering pada malam hari saat tidur.
  • Telah muncul rasa linu serta kesemutan sangat parah dibagian ini.
  • Bisa menyebabkan penderita menjadi kesulitan melakukan buang air kecil.

Baca lebih lengkap mengenai Gejala Penyakit Asam Urat

Bila Anda tengah mengalami beberapa gejala diatas, itu tandanya jumlah asam urat pada tubuh menjadi meningkat. Sehingga solusinya Anda haruslah segera mengkonsultasikan keluhan yang sedang Anda rasakan pada dokter. 

Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami dan Tradisional

Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami

Cara mengobati asam urat tinggi bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa ramuan seperti yang ada dibawah ini.

Cengkeh dan Ubi Jalar Merah
Untuk bahan-bahan yang disiapkan ialah 5 butir dari cengkeh, dengan 5 butir kapulaga, dan 1 jari dari kayu manis, biji pala 5 gr, 15 gr jahe merah, air 1000 ml, serta 200 gram dari ubi jalar. Caranya hanya dengan merebus seluruh bahan ke dalam air 1000 ml tadi yang harus didihkan sampai tersisa setengahnya. Selanjutnya, saringlah air rebusan untuk diambil sarinya dan diminum. Tapi untuk ubi jalarnya bisa Anda konsumsi secara langsung.

Daun Salam
Yang harus Anda sediakan adalah 10 lembar daun salam dengan 2 gelas air. Selanjutnya rebus daun salam menggunakan 2 gelas air, kemudian didihkan sampai tersisa hanya 1 gelas. Konsumsi sarinya secara rutin, minimal 2 kali dalam sehari.

Pare
Obat asam urat tradisional berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai 1 buah pare, dengan 2 gelas air. Anda hanya tinggal membuang dari biji buah pare, sesudah itu dicuci sampai bersih lalu potong-potong, selanjutnya direbus menggunakan 2 gelas air. Anda hanya mendidihkan sampai tersisa setengahnya, selanjutnya anda bisa meminum sari rebusan pare ini. Konsumsi dengan teratur minimal 1 kali dalam sehari.

Daun Sosor Bebek, Cengkeh, dan Jahe
Selain itu Anda juga bisa menggunakan bahan alami seperti 5 butir dari cengkeh, dan 5 butir dari kapulaga, dengan 4 lembar dari daun sosor bebek, dan 1 jari dari kayu manis, dengan 5 gram dari biji pala, 10 gram jahe, dan air 600 ml.

Cara membuatnya hanya dengan merebus seluruh bahan yang telah dibersihkan dalam air 600 ml, dan dididihkan sampai tersisa setengahnya saja. Ambil sarinya dengan menyaring air rebusan dan konsumsi ramuan ini sampai 3 kali dalam sehari secara teratur. Anda bisa meminumnya sehari 3 kali yang masing-masing hanya sebanyak 100 ml air.

Perbanyak Mengonsumsi Air Putih
Cara mengobati asam urat selanjutnya yakni dengan meminum air putih dalam sehari minimal 8 sampai 10 gelas. Hal tersebut bertujuan untuk mengencerkan urin yang bisa menghambat proses terbentuknya kadar asam urat yang berlebih. Sebab bila tubuh anda kurang cairan, bisa membuat pergkristalan pada asam urat semakin mudah terbentuk. Disamping itu, minum air pun bisa memperbaiki fungsi ginjal sekaligus juga mempermudah ginjal dalam membuang atau megeluarkan jumlah zat asam urat dari zat purin.

Kurangi Makanan Yang Tinggi Zat Purin
Sudah seharusnya penderita asam urat mengatasi penyakitnya sendiri dengan mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan zat purin yang berlebih misalnya pada jeroan, seafood, dan ekstrak daging atau abon, atau pada dendeng, dan makanan yang telah dikalengkan. 

Perbanyak Makanan Yang Bersifat Basa
Selanjutnya dengan mengkonsumsi sejumlah makanan yang memang bersifat basa  seperti buah-buahan, sayuran yang masih segar, dan jenis biji-bijian yang rendah lemak bisa menetralkan pada asam tubuh seperti darah serta urin, serta hal tersebut dapat membantu dalam mempermudah ginjal untuk mengeluarkan zat asam urat.

Jus Buah Cherry 
Konsumsi jus dari buah cherry rutin tiap hari, tujuannya adalah untuk membantu darah serta urin dalam menyeimbangkan sifat keasamannya. Di samping itu, buah cherry juga kaya akan nutrisi serta kalium, yang bisa mengatasi rasa nyeri akibat dari asam urat.

Perbanyak Konsumsi Vitamin C
Anda bisa memperbanyak konsumsi asupan vitamin C, sebab vitamin C bisa membantu dalam mengurangi jumlah asam urat pada tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C saat awal serangan dari nyeri yang diakibatkan dari asam urat. 

Konsumsi Cuka Madu
Meskipun masih sedikit yang mengetahui manfaat dari cuka madu, namun ternyata cuka madu sangat bermanfaat. Konsumsilah cuka madu dengan rutin setiap hari, tujuan dari konsumsi ini adalah untuk memberikan kondisi basa pada tubuh yang bermanfaat dalam menetralkan zat asam tubuh anda. 

Di samping itu cuka madu pun bisa berfungsi untuk mempermudah ginjal Anda dalam mengeluarkan asam urat serta menghancurkan kristal-kristal yang termasuk asam urat. Bahan alami ini bisa anda jadikan sebagai cara mengobati asam urat yang praktis untuk dilakukan.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Secara Alami