43 Makanan Untuk Penderita Diabetes Melitus

Advertisement
Diabetes adalah kondisi tubuh yang menyimpan kadar gula berlebih akibat makanan berkabohidrat. Makanan terbaik untuk penderita diabetes (diabetic superfood) bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan risiko yang ditimbulkan dari bahaya diabetes. Makanan-makanan ini lebih banyak bersumber dari yang utuh dan tidak diolah seperti sayuran dan buah-buahan.

Sayuran dan buah yang termasuk ke dalam makanan bagi penderita penyakit diabetes bisa dikonsumsi untuk mengurangi risiko komplikasi. Selain itu, pada makanan yang sudah pasti pernah Anda konsumsi salah satunya ini bisa dipilih sebagai menu super sehat dalam diet dan pemenuhan gizi harian.

Makanan Untuk Penderita Diabetes

Makanan Untuk Penderita Diabetes Melitus

Anda tidak diminta untuk mengonsumsi semuanya, sebab jumlahnya cukup banyak. Buat saja perencanaan menu makan sehari-hari selama seminggu dengan mengombinasikan beberapanya, atau Anda bisa membuang nama makanan yang tidak disukai.

Jika selama menderita penyakit diabetes, Anda tersadar akan komplikasi yang akan timbul bila terus memasok lebih sering makanan berkabohidrat dan tinggi gula sehingga menggantinya dengan lebih sering mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan segar, serta sayuran maka Anda sudah mengambil langkah sehat untuk mengelola diabetes yang menimpa Anda.

Daftar berikut tentu akan menambah referensi makanan sehat Anda yang bisa dikonsumsi setiap hari. Kebanyakan dari makanan berikut tinggi kandungan serat, antioksidan, vitamin, dan juga mineral. Menariknya, hampir keseluruhannya sangat murah dan mudah ditemukan di tukang sayur dekat rumah, sehingga lebih menghemat waktu dan uang Anda.

Apa saja pilihan makanan untuk penderita diabetes melitus?

Apel
Data penelitian yang dilaksanakan di Ohio State University pada tahun 2012 hasilnya sudah terbit dalam Journal of Foods Fungsional. Pada jurnal penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang yang mengonsumsi satu buah apel dalam sehari selama satu minggu mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) sebesar 40 persen. Dengan kana lain, apel juga tergolong makanan rendah karbohidrat meski rasanya manis.

Seorang profesor sekaligus peneliti yang terlibat dalam riset tersebut mengatakan, bahwa tidak semua antioksidan diciptakan dengan fungsi yang sama. Contohnya antioksidan di dalam buah apel (bernama quercetin) yang memberi efek menurunkan kolesterol jahat serta baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Riset ini rampung dikerjakan atas bantuan dana dari beberapa pihak yang salah satunya adalah U.S. Apple Association.

Apel tidak hanya dikatakan sebagai makanan yang aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes, tetapi juga untuk orang-orang yang ingin terhindar dari stroke. Sudah dibuktikan oleh para penliti yang mempelajari data yang telah dikumpulkan selama 28 tahun dengan memasukkan 9.208 pria dan wanita. Mereka yang sering memakan apel lebih rendah terkena stroke.

Asparagus
Sayuran yang mampu mengontrol kadar gula darah ini makin marak dikonsumsi oleh penduduk Inggris. Tercatat sekitar 8000 ton asparagus tiap tahun habis dikonsumsi dan setiap tahun semakin tinggi peningkatannya. Hal ini menjadi kabar baik, khususnya bagi mereka yang menderita diabetes.

Asparagus telah dibuktikan dalam sebuah penelitian mampu untuk mengelola diabetes. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di Universitas Karachi, Pakistan. Objek yang dijadikan ‘kelinci percobaan’ adalah tikus. Banyak tikus disuntikkan oleh bahan kimia untuk menginduksi keadaan diabetes. Setelah itu, sebagian tikus diobati dengan ekstrak tanaman asparagus dan sebagian lagi diberikan obat anti-diabetes. Pengobatan ini dilakukan setiap hari selama 28 hari.

Hasil yang didapat menunjukkan pada tikus yang diberikan ekstrak tanaman asparagus memiliki penekanan kadar gula darah namun tidak meningkatkan produksi insulin. Hasil dari riset ini telah diterbitkan dalam British Journal of Nutrition. Tentu dengan adanya hasil penelitian ini menjadi alternatif pengontrol diabetes yang bisa dilakukan di rumah.

Asparagus untuk diabetes bekerja meningkatkan produksi hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas untuk dilepaskan ke aliran darah. Insulin akan bekerja dalam tiga aktivitas, yaitu membuka jalan agar glukosa bisa diserap oleh sel menjadi energi, menekan produksi gula di hati dan otot, serta mencegah pemecahan lemak sebagai sumber energi.

Alpukat
Buah pertama (pada artikel ini) yang tergolong ke dalam makanan untuk penderita diabetes adalah alpukat. Kita mengenal alpukat sebagai buah yang memiliki lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung seiring berkurangnya jumlah kolesterol jahat. (Menurut Academy of Nutrition and Dietetics)

Alpukat menjadi buah kaya nutrisi yang memiliki kualitas baik bagi tubuh. Selain menambah asupan nutrisi untuk tubuh, alpukat juga memberi gula tambahan dan kolesterol baik yang lebih rendah. Dengan begitu maka alpukat mempunyai kaitan dengan stroke dan diabetes.

Sebuah studi menunjukkan pada orang yang rutin mengonsumsi alpukat setidaknya lima kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko terkena metabolik sindrom sebesar 50 persen dibanding mereka yang tidak. Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor yang bila terjadi secara bersamaan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung koroner. 

Kacang-kacangan
Makanan tinggi serat mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat ini bisa kita peroleh dari kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang panjang, kacang tanah, dsb. Perlu Anda ketahui, pada beberapa jenis kacang banyak yang mengandung sera dan protein. Juga dari mereka ada yang sedikit kandungan lemaknya.

Pada kacang merah misalnya, mereka sangat baik untuk turunkan gula darah dan kolesterol jahat. Kacang merah mengandung karbohidrat kompleks, serat, asam folat, kalsium, dan protein yang tinggi. Mereka bekerja masing-masing untuk mendukung fungsi tubuh. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh kacang merah karena kandungannya adalah untuk pendetia diabetes melitus.


Blueberry
Buah kedua yang juga tercatat ke dalam kelompok makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah blueberry. Buah blueberry mengandung senyawa flavonoid yang dikenali sebagai peningkat kesehatan jantung dan penghambat aktivitas sel kanker dan tumor.

Warna biru pada blueberry disebabkan oleh kandungan bernama anthocyanin. Kandungan senyawa ini ternyat ajuga mmeberi manfaat bagi tubuh, yakni menekan risiko diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi dua buah atau lebih blueberry setiap harinya dapat mengurangi risiko terhadap diabetes tipe 2 sebesar 23% tanpa dilihat dari faktor usia, berat badan, dan gaya hidup.

Brokoli
Brokoli adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium dan baik dikonsumsi penderita diabetes. Dikutip dari Deherba, brokoli merupakan superfood yang memiliki sifat antikanker. Di dalam sayur brokoli terdapat kandungan sulforaphane. Senyawa ini dikenal mampu memperbaharui produksi enzim dan melindungi pembuluh darah. Tidak sampai di situ, sulforaphane juga bisa mencegah kerusakan sel akibat tingginya kadar gula dalam darah.

Kandungan lain pada brokoli yang juga memiliki kekuatan super bagi tubuh adalah kromium. Peningkatan kromium di dalam tubuh akan mendorong produksi insulin untuk mengontrol glukosa dan faktor lain terkait timbulnya diabetes.

Perlu diingat, brokoli yang sehat diperoleh dengan cara penyimpanan dan pengolahan yang benar. Jangan menyimpan brokoli di dalam freezer karena kandungan gizi di dalamnya sudah tidak utuh setelah dikeluarkan. Sementara dalam pengolahannya, Anda bisa mengukus, menumis, dan memanggangnya dalam microwave dalam waktu singkat.

Tidak disarankan untuk merebus brokoli dikarenakan cara tersebut akan membuat kandungan gizi pada brokoli hilang sebanyak 60 persen lebih. Sayang sekali bukan. Untuk itu, gunakan microwave agar gizinya tetap terjaga sebanyak 90 persen. Anda bisa juga membuat jus dengan mencampurkan brokoli dengan apel yang keduanya sama-sama makanan penderita diabetes.

Wortel
Wortel bisa menjaga kesehatan mata karena di dalamnya terdapat antioksidan beta-karoten yang mampu meningkatkan fungsi penglihatan dan mencegah perkembangan beberapa jenis kanker. Ada alasan lain mengapa Anda harus mengonsumsi wortel, yaitu merujuk pada laporan hasil studi yang dilakukan di Stanford University School of Medicine bahwa wortel dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, khususnya untuk orang yang rentan terhadap penyakit bawaan (keturunan).

Untuk mendapatkan nutrisi yang utuh dalam wortel, Anda harus mengolahnya seperti wortel. Jika Anda tahu, wortel yang dikonsumsi dalam keadaan mentah mampu mengurangi mata minus dalam waktu beberapa bulan.

Selain pilihan makanan di atas, berikut ini juga termasuk makanan untuk penderita diabetes atau kencing manis yang boleh dikonsumsi.


DAFTAR MAKANAN YANG AMAN UNTUK PENYAKIT DIABETES
  • Kranberi
  • Salmon (Baca: Sumber omega 3 pada makanan)
  • Biji rami
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Sayur kale
  • Melon
  • Oatmeal
  • Quinoa
  • Raspberi
  • Jeruk merah
  • Paprika merah
  • Kacang kedelai (termasuk sebagai makanan yang mengandung protein)
  • Bayam
  • Teh hijau
  • Tomat
  • Yoghurt
  • Buah naga
  • Mengkudu
  • Pepaya
  • Jambu air
  • Belimbing wuluh
  • Apel hijau
  • Tauge
  • Kangkung
  • Daun pandan
  • Daun selada
  • Daun serai
  • Pare
  • Lidah buaya
  • Ubi jalar
  • Beras merah
  • Ketela pohon
  • Kentang
  • Ikan tuna
  • Ikan salmon

Diabetes bisa datang menyerang Anda tiba-tiba. Dengan sadar akan kesehatan diri maka risiko tersebut bisa dikurangi. Bila Anda penderita diabetes dan kadar glukosa darah tetap tinggi meski sudah rajin mengonsumsi makanan-makanan di atas, segera temui dokter untuk memeriksa penyebab lain gula daran Anda tinggi. Satu lagi, jangan lupa banyaki olahraga untuk membantu mengurangi tingginya gula dalam darah. 

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 43 Makanan Untuk Penderita Diabetes Melitus