Tanda-tanda Gejala Penyakit Asam Urat

Advertisement
Tanda-tanda dan Gejala Orang Yang Terkena Penyakit Asam Urat - Sendi yang secara tiba-tiba terasa begitu sakit tepatnya pada sendi jempol kaki termasuk salah satu gejala asam urat pada umumnya. Selain itu juga sering penderita asam urat sangat sulit untuk berjalan karena rasa sakit yang dialaminya.

Walaupun bisa muncul setiap waktu, namun kebanyakan gejala akan terasa saat malam hari. Di samping beberapa gejala yang telah disebut di atas, gejala asam urat lain juga bisa dirasakan seperti dibawah ini:
  • Adanya pembengkakan bagian dalam serta pada area sendi yang telah mengalami radang tersebut.
  • Pada bagian kulit atas sendi mulai memerah serta mengilap.
  • Mengalami rasa sakit dan tidak tertahankan khususnya saat sendi tersentuh oleh benda apa pun, walaupun tersentuh dengan selimut.
  • Ketika radang di bagian sendi sudah mereda, maka kulit di area tersebut akan tampak mengelupas serta terasa gatal.
  • Bagian sendi juga akan sering diserang penyakit asam urat.

Sendi-sendi yang ada di bagian ujung dari anggota badan yang bersifat rentan terhadap asam urat, terutama pada bagian jempol kaki. Dan serangan di bagian tersebut telah dialami pada sekitar 70% penderita pertama kalinya, serta sebagian besar pun juga merasa sakit di beberapa titik jempol bagian kaki.

Oleh karena itu penyakit asam urat bisa menyerang bagian sendi mana saja serta dapat menyerang bukan hanya satu sendi pada waktu yang bersamaan, apalagi bila tidak segera diobati. Tidak hanya jempol kaki, bagian sendi yang rawan terhadap serangan asam urat misalnya bagian sendi dibawah ini:
  • Sendi pergelangan kaki.
  • Sendi kaki bagian tengah.
  • Sendi bagian lutut.
  • Sendi pergelangan tangan.
  • Sendi jari tangan.
  • Sendi bagian siku.

Pola Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala Penyakit Asam Urat

Kira-kira enam dari sepuluh penderita bisa menderita serangan yang berulang pada waktu satu tahun. Walaupun penderita telah mengalami kambuh pada tiap minggu, bulan, bahkan tahun, tapi terjadinya asam urat sangat sulit untuk diprediksi.

Umumnya gejala akan berkembang dengan cepat pada beberapa jam serta berlangsung dalam waktu tiga sampai sepuluh hari. Sesudah itu, akan merasa sakit serta tidak nyaman di bagian sendi bisa berangsur-angsur menghilang selanjutnya sendi bisa normal kembali.

Terdapat beberapa penderita hanya akan merasakan serangan dari penyakit asam urat hanya beberapa kali saja di hidupnya. Tapi untuk sebagian besar penderita asam urat lain, serangan bisa semakin meningkat dalam waktu ke waktu, selain itu juga dapat menyerang pada sendi-sendi baru.

Selain itu walaupun rasa sakit asam urat telah hilang, sebaiknya memeriksakan pada dokter, sebab serangan dari asam urat terkadang dapat terjadi kembali pada masa yang akan datang dan bila tidak secepatnya diobati, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan adanya kerusakan sendi secara lebih serius.

Bila gejala-gejala yang telah Anda rasakan dan merupakan pengalaman yang pertama untuk Anda, maka tanyakan pada dokter terhadap kepastian diagnosisnya sebab penyakit lainnya misalnya infeksi sendi, pun mempunyai gejala yang serupa dengan radang sendi asam urat.

Gejala Penyakit Asam Urat

Bagi yang telah mengalami salah satu gejala di atas dapat menjadikan Anda dalam melakukan antisipasi agar gejala awal dari asam urat tidak akan merembet atau menyebar pada gejala yang keadaannya lebih parah lagi. 

Bila gejala atau tanda awal asam urat tidak secepatnya ditangani bisa menjadikan gejala awal yang dialami berubah menjadi gejala lebih kronis lagi. Selain itu gejala yang telah kronis tentu lebih menyulitkan Anda dalam menyembuhkan asam urat tersebut.

Yang harus Anda perhatikan adalah gejala awal asam urat bisa Anda rasakan sendiri meskipun tanpa harus mengeluarkan ongkos yang mahal guna melakukan cek medis pada rumah sakit. Sehingga jika salah satu gejala berikut ini telah anda alami maka segera lakukan pencegahan dengan hidup sehat dengan olah raga maupun diet secara teratur.

Alokesehatan akan membahas gejala asam urat yang sangat khas serta memiliki tiga tahapan dibawah ini :

Tanda Dan Gejala Tahap Pertama

Pada tahap pertama juga disebut dengan artritis gout akut serta disebut dengan peradangan asam urat yang akut. Di tahap ini penderita bisa mengalami serangan arthritis secara khas sekaligus serangan tersebut juga bisa menghilang meski tanpa pengobatan pada waktu 7 hari. Sebab sangat cepat menghilang, membuat penderita sering menduga jika di bagian kakinya keseleo ataupun infeksi yang membuatnya tidak sadar jika mengalami penyakit asam urat apabila tidak melakukan pemeriksaan secara berkala.

Namun dokter sekalipun yang biasa mengobati terkadang juga tidak menduga bila penderita telah terserang asam urat pada tahap awal ini. Sebab pada serangan pertama saat ini begitu singkat bahkan juga sembuh sendiri. Namun sebenarnya tanpa diobati serangan asam urat di tahap pertama juga akan hilang secara sendiri.

Sesudah serangan pertama, akan masuk di gout interkritikal. Dalam keadaan tersebut penderita memang keadaannya sehat dalam jangka waktu tertentu. Selain itu jangka waktu dengan orang lain juga tidak sama. Terkadamg ada hanya satu tahun, bahkan juga hingga 10 tahun, namun rata-rata antara 1 – 2 tahun. Dan lamanya jangka waktu dalam tahap ini akan menyebabkan seseorang menjadi lupa jika ia pernah mengalami serangan pertama kali dulu tidak ada kaitannya dengan gejala dari asam urat.

Tanda Dan Gejala Tahap Kedua

Selanjutnya gejala dengan tahap kedua yang dinamakan arthritis gout akut intermiten. Sesudah melewati tahap gout interkritikal dalam waktu bertahun-tahun tanpa harus ada gejala yang berarti, untuk penderita dapat memasuki tahap ini, dengan ditandai adanya serangan artritis ataupun peradangan yang sangat khas.

Kemudian penderita menjadi sering mengalami kambuh dalam jarak antara serangan satu terhadap serangan selain itu makin lama menjadi semakin rapat serta lama, selain itu serangan akan bertambah lama juga semakin panjang, bahkan jumlah sendi yang akan terserang juga makin banyak. Selain itu tanda serta gejala penyakit asam urat pada tahap kedua penderita baru akan menyadari bila dia telah terkena penyakit asam urat. Selain itu penanganan di tahap kedua tersebut akan lebih sulit dari pada pada tahap yang pertama.

Tanda Dan Gejala Tahap Ketiga

Selanjutnya untuk Gejala Penyakit Asam Urat dalam tahap ketiga juga disebut dengan artritis gout kronik bertofus. Pada kondisi ini terjadi jika penderita sudah menderita sakit dalam waktu 10 tahun bahkan lebih. Dalam tahap ini juga terjadi benjolan-benjolan pada sekitar sendi dan kerap meradang atau disebut dengan tofus.

Yang disebut tofus tersebut berupa benjolan keras serta berisi serbuk menyerupai kapur termasuk deposit dari bahan kristal monosodium urat. Selanjutnya tofus tersebut bisa mengakibatkan kerusakan dalam sendi maupun tulang pada sekitarnya. Sedangkan tofus pada kaki jika ukurannya besar serta banyak membuat penderita tidak bisa menggunakan sepatu itu semua termasuk gejala penyakit asam urat.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tanda-tanda Gejala Penyakit Asam Urat