26 Minuman dan Makanan Yang Dapat Merusak Gigi

Advertisement
Minuman dan Makanan Yang Dapat Merusak Gigi. Setiap orang pasti mempunyai makanan dan minuman favorit, baik itu buatan lokal ataupun berasal dari negara lain. Anda mungkin tidak menyadari kalau pilihan Anda ternyata banyak yang salah. Tidak jarang orang yang salah dalam memilih makanan favorit, maka ditemuilah berbagai masalah kesehatan pada gigi.

Makanan perusak gigi biasanya mengandung banyak gula serta dapat memicu produksi asam berlebih pada mulut. Bila Anda tidak telaten dalam memilihnya, maka kerusakan gigi bisa saja terjadi. Adapun kerusakan gigi salah satu contohnya adalah sakit gigi akibat gigi berlubang. Selain itu, masih banyak masalah kesehatan pada gigi lain yang  bisa datang dikarenakan salah dalam mengonsumsi makanan.

Minuman dan Makanan Yang Dapat Merusak Gigi

Minuman dan Makanan Yang Dapat Merusak Gigi

Oleh karena itu, agar masalah ini tidak membawa petaka pada kesehatan gigi Anda, lebih baik hindari atau kurangi jumlah konsumsinya. Berikut ini bisa Anda ketahui apa saja makanan yang dapat merusak gigi manusia.

1. Minuman Bersoda
Ada baiknya Anda mengetahui sekarang kalau minuman bersoda itu tidaklah baik untuk kesehatan gigi. Mungkin ada sensasi menyegarkan yang bisa Anda definisikan sendiri. Tetapi bila tidak ingin mendapat masalah di kemudian lain, lebih baik hindari minuman bersoda sekarang juga. Mengapa?

Minuman bersoda itu bisa membuat gigi menjadi rusak akibat kandungan karbonisasinya. Lebih parahnya, bila sering mengenai gigi akan membuat gigi menjadi busuk. Sangat sepele sekali penyebabnya. Untuk itu, mulai sekarang jauhilah minuman berkarbon –meskipun soda untuk diet. Jika Anda tetap memaksa, cobalah meminum minuman bersoda menggunakan sedotan.

2. Apel
Buah apel memang enak, tapi Anda akan menjadi sedikit benci kepadanya bila tahu kalau apel termasuk ke dalam buah yang bersifat asam, sama halnya seperti minuman bersoda. Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti di Ling’s College London Dental Institute. 

Penelitian ini melibatkan 1.000 orang dari semua gender yang suka makan apel. Perolehan hasilnya adalah kebanyakan dari mereka yang memakan apel secara teratur lebih berisiko mengalami kerusakan gigi dibanding dengan sebagian lain yang tidak teratur dalam memakannya. Mengejutkannya lagi, risiko kerusakan gigi akibat apel ternyata lebih besar ketimbang orang yang hobi meminum minuman bersoda.

Kerusakan gigi akibat apel terjadi karena membawa sifat asam dan tinggi gula. Pada satu buah apel yang hanya menyimpan sekitar empat sendok teh gula saja ternyata bisa merusak gigi lebih parah dibanding satu kaleng minuman bersoda yang mengandung sekitar delapan sendok teh gula. Keanehan ini dianggap wajar karena para peneliti menjelaskan kalau apel berada di dalam mulut lebih lama untuk dikunyah oleh gigi.

3. Permen
Permen adalah makanan sekaligus jajanan kesukaan anak-anak. Tidak heran bila banyak anak yang mengeluh sakit gigi. Hal tersebut wajar terjadi karena kebiasaan menghisap permen. Bagi orang dewasa pun berlaku hal yang sama, permen tetap jahat terhadap gigi.

Kandungan gula pada permen akan lebih lama berada di mulut karena terus-terusan dihisap hingga habis. Lebih parahnya lagi, permen keras (seperti lolipop) ternyata mampu meretakkan gigi. Pasti Anda pernah sesekali atau lebih menghisap permen keras, kemudian memecahkannya dengan gigi. Hal tersebut bisa memicu gigi pecah dan atau retak, terlebih bila sebelumnya memang enamel gigi Anda sudah lemah. Jadi, hindarilah permen.

4. Es Batu
Entah es batu ini mau dikategorikan ke dalam minuman atau makanan perusak gigi. Yang jelas, memang dirinya bisa memicu kerusakan gigi. Prosesnya sama seperti makan permen, Anda bakal dibuat sedikit tertantang untuk menggigitnya. Tanpa sepengetahuan Anda, ternyata struktur gigi Anda sudah lemah dan akhirnya hal yang baru saja Anda lakukan menimbulkan masalah pada gigi, seperti retak, hancur, dan patah.

5. Jagung Rebus dan Popcorn
Cemilan popcorn memang enak tersaji disaat waktu santai atau “me time” kita. Tapi perlu Anda tahu, popcorn juga termasuk ke dalam makanan yang bisa menghancurkan gigi. Tetapi tidak berlaku untuk popcorn tanpa rasa atau yang dicampur dengan gula, karamel, susu, dan cokelat.

Selain popcorn, jagung rebus juga ikut dalam membawa masalah pada gigi. Masalah tersebut datang bukan karena kandungannya, melainkan sisa-sisa jagung yang telah Anda makan pasti banyak yang menyelip ke dalam gigi. Untuk itu, setelah makan jagung rebus ataupun bakar, gosoklah gigi secara vertikal dan lakukan flossing dengan benang gigi untuk mengusir jagung yang terselip di sela-sela gigi.

6. Saus Tomat
Saus tomat ternyata bisa merusak gigi juga. Hal ini dikarenakan enamel gigi sangat rawan terhadap warna makanan gelap atau kereng, seperti saus tomat yang berwarna merah pekat. Ditambah lagi dengan keasaman dari tomat yang bisa membuat struktur gigi tergerus tanpa disadari. Untuk menghindari masalah yang dibawanya, maka setelah makan saus tomat, banyakilah minum air putih sembari berkumur. Hal ini membantu menetralisir asam pada mulut setelah makan saus tomat.

7. Acar
Sayur acar yang biasa hadir pada beberapa makanan sebagai pelengkap mungkin sekilas tampak menyehatkan, karena terkomposisi dari sayur-sayuran segar. Tetapi kesehatan yang seharusnya dibawa tersebut tidak berlaku untuk gigi akibat sayur-sayuran ini dicampuri dengan cuka dan gula. 

Acar memang bersifat asam, namun tetap menyehatkan. Jadi bila Anda tetap ingin menikmati sekumpulan sayur menyegarkan ini, jangan lupa setelahnya untuk berkumur dengan air dan menggosok gigi (satu jam sesudah makan acar).

8. Selai Kacang
Sebenarnya selai kacang ini tidak termasuk ke dalam makanan yang dapat merusak gigi. Tetapi akibat sifatnya yang lengket sehingga bisa menempel pada gigi dalam waktu yang cukup lama menjadikan selai kacang tergolong ke dalamnya. Namun Anda tidak perlu khawatir. Selai kacang yang nikmat dan mengenyangkan ini masih bisa Anda konsumsi bila sehabis makan sesuatu yang diberi selai kacang tidak lupa untuk menggosok gigi sampai bersih. Satu lagi, pilihlah selai kacang yang dibuat tanpa tambahan gula untuk meminimalisir terjadinya kerusakan gigi.

9. Daging
Serat daging yang menyempil di sela-sela gigi lama kelamaan bisa mengundang bakteri dan beragam kerusakan pada gigi. Jadi solusinya simpel sekali, setelah makan daging jangan lupa untuk minum dan berkumur pakai air. Setelah beberapa belas menit, gosoklah gigi seperti biasa, kalau bisa lakukan flossing untuk mengeluarkan daging dari himpitan gigi Anda.

10. Air Putih Kemasan
Air mineral memang sangat baik untuk tubuh, terutama membantu proses metabolisme. Tetapi air mineral botolan atau kemasan ternyata membawa potensi kerusakan pada gigi. Hal ini dijelaskan oleh seorang dokter gigi bernama Brett Silverman di Georgia bahwasanya dalam proses pemurnian, air menjadi lebih asam dan itu bisa membuat gigi rusak. Meski peran air sangat vital bagi tubuh, Anda tetap harus selektif terhadap apa yang dikonsumsi.


Nah, mungkin sederet makanan yang dapat merusak gigi tadi bisa membuat Anda lebih peduli terhadap kesehatan gigi. Ketahui juga makanan atau minuman berikut yang cenderung menjadi penyebab kerusakan gigi: yoghurt rendah lemak, wine atau minuman anggur, buah-buahan kering, kentang goreng, roti panggang, jeli, dressing salad, permen untuk menyegarkan napas, permen yang bertekstur kenyal, jus lemon, sport drinks, permen pereda batuk, koktail, buah beri, teh hitam, dan buah kalengan.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 26 Minuman dan Makanan Yang Dapat Merusak Gigi