36 Makanan Peninggi Badan Alami Kaya Nutrisi

Advertisement
Banyak makanan peninggi tinggi badan yang bisa kita konsumsi setiap hari untuk membantu proses pertumbuhan tulang secara alami, atau bisa dibantu dengan pemakaian suplemen herbal. Ada tiga unsur nutrisi yang tubuh butuhkan agar mampu memberi dukungan terhadap tulang dan otot yang berpengaruh pada tinggi badan.

  • Protein

    Protein menjadi unsur utama pembentuk tubuh kita. Anda bisa bertanya pada ahli gizi mengenai kegunaan protein di dalam tubuh. Mereka pasti akan menjawab bahwa protein boleh dibilang sebagai nutrisi vital untuk mendorong pertumbuhan jaringan otot, tulang, organ, kulit, dan gigi. Hal ini berlaku pula dalam hal tinggi badan karena di dalam protein terdapat asam amino yang diperlukan oleh hormon pertumbuhan.
  • Mineral

    Mineral adalah sekumpulan komponen nutrisi yang juga penting terdapat pada makanan peninggi badan. Makanan yang diperkaya magnesium, fosfor, yodium, zat besi, mangan, dan fluor bisa mendukung proses pertumbuhan. Sementara kalsium adalah mineral utama yang paling dibutuhkan untuk memelihara tulang.
  • Vitamin

    Utamanya adalah Vitamin D. Keberadaan Vitamin D di dalam tubuh sangat membantu tulang memperoleh kalsium secara optimal. Pasalnya, Vitamin D memiliki aktivitas membantu penyerapan kalsium untuk pemeliharaan tulang yang kuat dan sehat. Kekurangan Vitamin D akan berisiko terhadap pengeroposan tulang dan terganggunya pertumbuhan.

Makanan Peninggi Badan Dengan Cepat dan Aman

Makanan Peninggi Badan Alami Kaya Nutrisi

Ketiga unsur nutrisi di atas sangat diperlukan untuk Anda yang ingin mendapatkan postur tubuh ideal. Nah, untuk memperoleh semua nutrisi tersebut, kita bisa menemukannya pada makanan yang dapat menambah tinggi badan. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Ashwagandha
Tanaman bernama Ashwagandha ini berasal dari India. Ada orang yang menyebutnya sebagai gingseng India atau Withania Somnifera. Di dalam dunia kedokteran, nama tanaman ini memperoleh perhatian cukup besar. Pasalnya, para penduduk India kuno, mewariskan sistem pengobatan tradisional bernama Ayurveda yang memanfaatkan tanaman ini.

Ashwagandha terkenal akan komponen biologis aktifnya seperti alkaloid, saponin, lakton steroid, kolin, dan zat besi. Padanya juga terkandung 18 jenis asam lemak yang berbeda dan beberapa merupakan polifenol dan pitosterol. Bubuk tanaman ini bisa kita konsumsi secara rutin untuk menaikkan tinggi badan.

Kemampuan Ashwagandha untuk membantu mneambah tinggi badan terbukti karena di dalam tubuh dirinya akan bekerja untuk merangsang hormon pertumbuhan yang akan membuat kerangka tulang menjadi lebih luas, kuat, dan padat. 

Bagaimana caranya?
  1. Siapkan dua sendok makan bubuk Ashwagandha
  2. Segelas susu sapi hangat
  3. Campurkan gula ke dalam susu sapi hangat
  4. Tambahkan bubuk Ashwagandha
  5. Minum setiap hari menjelang tidur selama dua bulan

2. Susu dan Produk Olahannya
Satu zat yang sangat penting untuk merangsang laju pertumbuhan tulang adalah kalsium. Untuk memperoleh kalsium, Anda bisa dengan mudah mencarinya di dalam segelas susu. Pilihlah susu yang tinggi kandungan kalsium dan rendah lemak. Minum secara rutin susu rendah lemak tersebut setiap hari, pada pagi setelah bangun tidur dan malam hari menjelang tidur.

Selain susu, ada makanan peninggi badan lain yang bisa menjadi alternatif bila Anda bosan dengannya. Produk minuman atau makanan yang tinggi kalsium seperti susu bisa Anda peroleh dari banyak sumber. Yoghurt, keju, es krim, dan krim kocok (whipping cream) contohnya. Mereka juga kaya akan Vitamin A, B, D, dan E. Bahkan, mereka juga menyimpan kalsium dan protein. Semua nutrisi alami untuk menunjang tinggi badan Anda bisa didapat dari satu jenis makanan saja.

3. Buah dan Sayuran
Bila Anda termasuk orang yang hobi nyemil, maka pilihlah cemilan menyehatkan. Buah dan sayuran berikut ini mungkin bisa mengganti sestoples keripik kentang yang selama ini berdiri di atas meja Anda.
  • Jeruk
  • Melon
  • Pisang
  • Pepaya
  • Mangga
  • Semangka
  • Markisa
  • Aprikot
  • Kacang polong
  • Bok choy
  • Brokoli
  • Bayam
  • Ubi jalar
  • Okra
  • Labu
  • Lobak
  • Wortel
  • Kubis
  • Kentang

Mereka semua mengantongi sejumlah nutrisi untuk menambah tinggi badan, seperti Vitamin A dan kalium. Vitamin A yang selama ini Anda kira cuma baik dalam menjaga kesehatan mata, ternyata memiliki peran lain dalam mengembangkan tulang dan jaringan tubuh.

Sementara buah seperti jeruk dan sayur seperti tomat cukup banyak mengandung Vitamin C. Vitamin ini juga berkontribusi pada pengontrolan tulang dalam melakukan pertumbuhan yang sehat dan normal. Kita mungkin kesulitan memperoleh kalsium dan protein pada buah ataupun sayuran, tetapi kehadiran mereka tetap dibutuhkan tubuh agar selalu fit dan prima.

4. Daging Ayam
Daging ayam merupakan makanan terbaik yang mampu menambah tinggi badan yang sekaligus menambah berat badan dengan meningkatkan massa otot. Hal ini dikarenakan ayam menjadi sumber protein tinggi yang sangat berguna untuk pertumbuhan jaringan otot tubuh. 

Pastikan bila Anda ingin konsumsi daging ayam agar dibakar atau dipanggang saja. Dengan proses pemasakan semacam ini, maka kandungan gizinya tetap tinggi dan tidak akan membawa risiko akibat lemak dan kolesterol dari proses penggorengan pada umumnya.

5. Daging Sapi
Selain ayam, daging sapi juga merupakan sumber protein yang cukup banyak. Tetapi jangan lupa, sapi juga menyimpan lemak. Untuk menikmati manfaat kesehatan darinya, terutama dalam melancarkan niatan untuk mencapai tinggi badan yang maksimal, maka pilihlah daging merah, yang juga berguna untuk mencapai massa tubuh ideal.

6. Pati dan Biji-bijian
Dalam memilih menu makanan sehat sehari-hari, kita harus memperhatikan apakah semua makanan yang kita pilih bisa menjaga kesehatan seluruh organ kita serta mendukung pertumbuhan jaringan, otot, dan tulang. Untuk itu, kita tidak bisa bila dalam hal mendapat tinggi badan seperti yang kita inginkan, kita hanya terfokus pada makanan yang mengandung protein, kalsium, dan Vitamin D saja.

Makanan lain dengan yang menyimpan serat, karbohidrat, mineral, dan vitamin lain juga diperlukan. Untuk itu, Anda bisa menambahkan salah satu makanan yang berasal dari pati dan biji-bijian seeprti beras merah, jagung, pasta gandum, oatmeal, dan roti gandum yang juga baik untuk penambahan berat badan.

7. Telur
Anda tidak mungkin lupa, kalau dalam sebutir telur saja, terkandung banyak sekali protein. Menurut informasi yang Alokesehatan peroleh dari berbagai sumber, ternyata kandungan telur tidak hanya protein saja, melainkan ada vitamin D dan kalsium juga yang seperti diawal dikatakan bisa membawa rangsangan terhadap hormon-hormon pertumbuhan untuk tulang yang lebih berkembang dan sehat.

Konsumsilah telur, tidak perlu membuang bagian kuningnya, karena lemak di dalamnya tidak akan membuat Anda gendut. Dalam sehari, siapkan dua atau tiga butir telur di dalam kulkas Anda, ketika ingin memasaknya, ambillah proses perebusan agar tubuh memperoleh banyak manfaat dari kandungan utuh dari telur tersebut.

8. Tahu
Tahu adalah makanan sederhana yang diistimewakan oleh tubuh. Alasannya, selain murah, kita semua tahu kalau tahu itu menjadi satu makanan yang sangat kaya akan protein nabati dan kalsium, karena dirinya termasuk hasil olahan produk kedelai. Keunggulan lain dari tahu adalah rendahnya kalori dan lemak sehingga sangat cocok sebagai makanan peninggi badan alami yang tidak bikin gendut.

9. Ikan
Tahukah Anda, kalau Indonesia adalah negara dengan tinggi badan penduduk paling pendek dibandingkan negara tetangga ASEAN lainnya? Laporan ini dipublikasikan oleh Asean DNA pada tahu 2014 lalu. Menurut survey dan analisis data, tinggi badan rata-rata pria di Indonesia hanya mencapai 158 cm, sementara wanita 153 cm. Berbeda jauh dengan Malaysia, Negeri Jiran yang terkenal akan logat melayunya tersebut. Mereka (penduduk Malaysia) mempunyai rata-rata tinggi badan 165 cm pada pria dan 153 cm pada wanita.

Hal ini sempat menjadi perhatian beberapa pihak terkait, pasalnya, Vietnam yang budayanya tidak terlalu beda dengan Indonesia pun ternyata tinggi badannya jauh di atas kita. Mengapa demikian, ya?

Menurut Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Saut Hutagalung, selama enam tahun terakhir, masyarakat kita (Indonesia) tidak memperoleh ikan dalam jumlah cukup tiap harinya. Akibatnya, generasi muda kita posturnya lebih pendek dari rumpun dan suku bangsa di Asia Tenggara lainnya.

Nah, jadi jelas sekali kalau ikan merupakan makanan peninggi badan paling efektif dan signifikan membawa perubahan. Tapi, bagaimana bisa? Berikut ini penjelasannya dikutip dari situs Magelangkota.

Ikan adalah sumber protein hewani yang juga kaya akan vitamin. Baik itu ikan air tawar ataupun air laut (asin), semuanya berlaku akan kandungan unsur vitalnya seperti protein, vitamin D, dan lemak. Lemak di dalam ikan laut maupun air tawar mudah diserap tubuh, dan sebagian besar jenisnya adalah asam lemak tak jenuh yang tidak dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan menurunkan kolesterol darah.

Hingga kini, ikan yang direkomendasikan untuk menunjang gizi dan pertumbuhan adalah ikan tuna dan salmon. Mereka sangat kaya akan unsur-unsur penting dari banyak kebutuhan tubuh untuk melancarkan dan mengontrol proses pertumbuhan.

Bila kita tidak mau melahirkan generasi muda (setelah kita) yang postur tubuhnya lebih pendek lagi, maka kita harus menuruti apa yang tubuh kita minta untuk mencapai kebutuhan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan peninggi badan ini.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 36 Makanan Peninggi Badan Alami Kaya Nutrisi