9 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Pada Kulit

Advertisement
Cara Menghilangkan Bekas Cacar. Cacar air atau varisela adalah penyakit yang secara medis dijelaskan hanya menyerang anak-anak dengan usia di bawah 10 tahun dan lebih jarang diderita orang dewasa yang sudah pernah mengidap cacar air. Sembuh dari penyakit ini bisa terjadi tanpa melakukan langkah pengobatan, tetapi kita hanya bisa mengurangi gejalanya saja.

Pada proses penyembuhan penyakit cacar air, tentu di kulit akan tersisa bekasnya. Bekas cacar air ini yang kadang menjadi permasalahan. Bagi yang tidak mengerti cara menghilangkan bekas cacar air, maka bekas cacar yang tertinggal pada kulit tersebut bisa mengurangi rasa percaya diri. Anda harus tahu bagaimana langkah alami maupun medis mengenai proses pemudaran bekas cacar air pada penjelasan berikut.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Pada Kulit

Sekarang kita bahas metode alaminya dalam menghilangkan bekas cacar air ini. Dengan apa saja?

1. Madu
Cairan kental manis (bukan susu) ini memang diperkaya dengan berbagai sifat dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan dan penunjang kulit tetap terjaga keremajaannya. Madu bermanfaat untuk melembabkan dan meregenerasi kulit. Tentu manfaat tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Bekas luka bisa dipudarkan melalui proses regenerasi sel kulit.

Sistem kerja nutrisi pada madu di sini adalah memberikan efek osmotik, dimana ia menarik nutrisi untuk menangani bekas luka dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan mendukung penyembuhan bekas luka dengan cepat. 

Anda bisa memakainya dengan cara berikut.
  • Sediakan satu sendok makan madu, oats, dan air.
  • Proses pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampur oats dengan air, kemudian tumbuk hingga merubah kedua bahan menjadi lembut.
  • Tambahkan madu, dan tumbuk lagi hingga kesemuanya telah menjadi pasta tebal.
  • Aplikasikan pasta madu pada area kulit yang terdapat bekas luka akibat dampak cacar air, diamkan selama maksimal 30 menit.
  • Bersihkan pasta dengan air biasa, lalu ulangi prosesnya setiap hari.

Bila tidak ingin ribet dengan mencampur madu pada bahan lain, Anda bisa cukup dengan mengoleskan madu pada kulit, tapi hasilnya mungkin lebih lama.

2. Baking Soda
Cara alami menghilangkan bekas cacar air kedua bisa dengan baking soda. Baking soda cocok dipakai dengan alasan memiliki sifat basa dan mampu menyeimbangkan kadar pH pada kulit. Dengan diperolehnya hal tersebut, maka kulit yang terasa gatal akan lebih berkurang dan bisa terhindar dari iritasi. Baking soda bisa dipakai ketika Anda masih menderita cacar untuk mengurangi rasa gatal, sehingga mampu mengurungkan niat untuk menggaruknya dan membekaskan luka setelahnya.

Tidak hanya itu, baking soda juga mampu beraktivitas pada area kulit yang sudah terdapat bekas luka cacar air. Dengan sifat eksfoliasi alaminya, baking soda bisa digunakan untuk menyingkirkan bekas cacar air pada kulit. Bagaimana cara memakainya?
  • Sediakan air dalam wadah dan 2 sendok makan baking soda.
  • Tuang baking soda pada wadah berisikan air.
  • Aduk hingga tercampur dan membentuk pasta.
  • Langsung Anda balurkan pada kulit yang terdapat bekas cacar, kemudian gosok secara perlahan selama 2 – 3 menit.
  • Tunggu pasta kering lalu bersihkan menggunakan air.
  • Proses ini bisa Anda lakukan secara berkala hingga bekas cacar dapat memudar dan hilang.

Baking soda juga bisa dipakai untuk menghilangkan kulit kapalan, lho.


3. Air Kelapa
Pada air kelapa tersimpan berbagai nutrisi meliputi vitamin, mineral, dan elemen penting lainnya. Mineral yang tersimpan di dalamnya antara lain amgnesium, kalsium, kalium, natrium, dan fosfor. Keberadaan mereka beserta vitamin dan nutrisi penting lainnya membantu meningkatkan imunitas tubuh serta berkemampuan efektif dalam berbagai keperluan kulit, seperti meremajakan kulit, menyembuhkan luka, mengatasi keriput, dan melembabkan kulit.

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, yang salah satunya bisa mengatur keseimbangan pH kulit dan pertumbuhan sel dengan mempertahankan jaringan ikat. Sifat yang ada di dalamnya antara lain anti-mikroba, anti-virus, dan anti-jamur yang berguna untuk membersihkan kulit dari bakteri, debu, dan racun berbahaya lainnya. Dalam perkara menghilangkan bekas cacar air ini, Anda cukup mengucurkan air kelapa pada bekas cacar beberapa kali dalam sehari. Dalam sekejap maka rasa gatal yang dirasa bisa hilang, inilah obat cacar paling alami.

Sementara untuk menghilangkan bekas lukanya, Anda bisa mengikuti panduan berikut:
  • Pastikan terlebih dahulu sebelum Anda menerapkan perawatan ini, infeksi cacar telah benar-benar sembuh namun belum terlalu lama dari masa pasca sembuh.
  • Rendam bola kapas ke dalam air kelapa, lalu oleskan langsung pada area kulit yang dimaksud.
  • Ulangi saja proses ini beberapa kali sehari untuk menghilangkan noda bekas cacar.

4. Jus Lemon
Biasanya setiap bekas luka akan terbentuk pada kulit selama proses penyembuhan maupun terbentuk pada kulit jaringan yang rusak. Untuk memperbaiki rusaknya jaringan kulit tersebut, tubuh akan melepaskan protein yang disebut kolagen. Kolagen akan bekerja untuk memperkuat kulit. 

Pada jus lemon terdapat vitamin C yang memberi kontribusi dalam produksi kolagen. Jus lemon yang berasal dari buah lemon juga diperkaya dengan alpha hydroxy acids (AHA) yang bisa meringankan bekas luka terutama sehabis terkena cacar. Anda bisa melakukan cara menghilangkan bekas luka cacar air dengan jus lemon mengikuti panduan pada poin sebelumnya. Hanya saja cukup memakai 1 sendok teh jus lemon yang dicampur dengan air, barulah dioles pada kulit.

5. Minyak Vitamin E
Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mendukung kulit dalam memperbaiki kerusakan sel ataupun jaringan di dalamnya. Antioksidan ini juga mampu mencegah kulit dari serangan radikal bebas, bakteri, kotoran, dan bahaya lain pada di lingkungan yang berpotensi merusak sel kulit ataupun mengganggu produksi kolagen.

Vitamin E juga bisa melembabkan kulit yang pada gilirannya akan memudarkan ketidaknormalan kulit pada lapisan di atasnya. Untuk memperoleh vitamin E, Anda bisa mengonsumsi minyak vitamin E atau melakukan suntik vitamin. Tetapi bila ingin yang alami dan tidak memangkas biaya, maka konsumsi saja makanan yang mengandung vitamin E seperti almond, pepaya, alpukat, dan sayur bayam.

Poin ini bisa mendukung poin lain yang modelnya adalah praktik. Silakan Anda tentukan sendiri makanan sumber vitamin E apa yang akan Anda konsumsi setiap harinya untuk membantu menyingkirkan bekas luka cacar dari dalam.

6. Lidah Buaya
Lidah buaya, tepatnya jeli yang terdapat pada batang lidah buaya sangat dikenal akan khasiatnya yang mampu memberi efek penyembuhan, menenangkan, dan melembabkan. Kebanyakan wanita memanfaatkan lidah buaya untuk menyuburkan dan menghitamkan rambutnya, dan kebanyakan pula membawa perubahan yang baik.

Kaitannya di sini, perlu Anda ketahui sebelumnya kalau jeli lidah buaya kaya antioksidan dan anti-mikroba yang membantu kulit dari permasalahan umum seperti alergi dan infeksi ataupun luka bekas cacar. Sifat anti-inflamasinya akan membantu meringankan rasa gatal yang timbul pada kulit. Menggunakannya untuk menghilangkan bekas cacar air akan membawa manfaat lain pada kulit seperti lebih lembab dan kuat dari polutan udara.

Caranya:
  • Potong lidah buaya dan ambil jelinya, tampung dalam wadah.
  • Jeli yang sudah keluar bisa langsung Anda terapkan pada luka kulit.
  • Oleskan secara lembut dan biarkan mengering pada waktunya.
  • Sehabis itu, bersihkan dengan air bila mulai terasa lengket dan tidak nyaman.
  • Lakukan ini sebanyak 3 kali sehari sampai bekas luka memudar dan nikmati ketenangan yang diberikan olehnya.

***

Yang demikian tadi adalah cara menghilangkan bekas cacar air pada kulit dengan metode alami, sekarang bagaimana dengan bantuan profesional atau tenaga medis?

# Mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi simpelnya adalah langkah medis yang diperlukan untuk mengatasi sel-sel atau jaringan kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru melalui proses eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Praktik ini bisa dipakai untuk menghilangkan bekas luka cacar air atau pada pori-pori kulit yang tertutup dan kulit berjerawat.

Prosesnya adalah dengan mengelupas lapisan kulit terluar hingga terlihat lapisan kulit di bawahnya yang baru dan tampak lebih bersih, halus, dan cerah dengan bantuan kristal-kristal mikro. Hasil yang diperoleh memang memuaskan sekali, kulit akan tampak lebih muda, tidak kasar, halus, tampak bercahaya, dan lebih cerah. Namun mikrodermabrasi tetap membawa efek samping, terutama bila kulit yang sama juga mendapati sejumlah perawatan anti-penuaan lain. Mikrodermabrasi tidak cocok untuk semua kulit, jadi pastikan Anda memperoleh terapis profesional dalam menangani masalah ini.

# Laser
Cara menghilangkan bekas cacar dengan laser mungkin terbilang paling mahal. Tapi memang hasilnya lebih singkat dan ampuh ketimbang cara lain, apalagi yang jalur alami. Dengan memakai sinar laser, maka warna hitam bekas cacar air akan dipecah oleh sinar laser dan produksi kolagen akan tertunjang dalam lapisan kulit yang lebih rendah hingga pada gilirannya akan kembali normal kondisi dan warna kulitnya.

# Eksisi
Sebelum membahas apa itu eksisi, Anda perlu tahu terlebih dahulu kalau bekas cacar itu ada yang dalam dan dangkal. Untuk yang dangkal, masih mudah menghilangkannya. Berbeda dengan yang dalam, karena sudah menembus jaringan kulit, maka lebih sulit dihilangkan. Tetapi dengan adanya tindakan eksisi, masalah ini tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Menurut beberapa literatur, eksisi diartikan sebagai proses bedah mikro pada luka bekas cacar atau tepatnya langsung menindaki jaringan kulit yang mati. Dengan eksisi, bekas cacar dalam bisa terusir dengan cepat. Namun ada satu kendala juga yang patut dipertimbangkan. Pada pelaksaan eksisi memerlukan sayatan kulit yang juga meninggalkan bekas, tetapi lebih halus dan samar pada kulit. Eksisi juga tidak berbahaya, jadi sangat disarankan untuk Anda yang mau mencobanya.

Usai sudah pembahasan mengenai cara menghilangkan bekas cacar air baik secara alami maupun dengan bantuan medis. Anda bisa memilih salah satu atau dua cara, tetapi pikirkan pula sejauh apakah cara tersebut membantu atau justru hanya membuang-buang waktu Anda. Selektif dan realistis saja, dengan mengeluarkan sedikit biaya maka Anda bisa mengembalikan rasa percaya diri yang hilang akibat adanya bekas luka cacar pada kulit. 

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Pada Kulit