10 Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat

Advertisement
Cara Mengatasi Sesak Nafas. Gangguan pada pernapasan salah satunya adalah sesak nafas. Sesak nafas merupakan keadaan dimana Anda kesulitan dalam bernapas atau tidak memperoleh asupan udara yang cukup. Ada beberapa penyebab dari sesak nafas yang perlu Anda ketahui.

Seseorang yang mengalami sesak nafas boleh jadi adalah penderita obesitas, karena itu salah satu penyebab dari sesak nafas. Adapun disebabkan juga oleh keseringan berolahraga dengan intensitas tinggi. berdiam pada tempat dengan suhu ekstrem seperti di dataran tinggi. 

Sementara bila sesak nafas datang akibat gangguan kesehatan, maka bisa disebabkan oleh alergi, asma, sinusitis, tuberkulosis, pilek, patah tulang rusuk, tekanan darah rendah, keracunan karbonmonoksida, paru-paru basah, dan gangguan pada jantung. 

Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat

Anda tidak bisa terus bergantung pada alat bantu pernapasan bila sesak nafas menyerang. Segeralah lakukan tindakan yang mampu memperbaiki pola pernapasan Anda. Setidaknya Anda mencoba cara mengatasi sesak nafas berikut ini, mudah dan tanpa memerlukan obat dokter.

1. Berhenti Merokok
Tak sedikit orang yang menderita sesak nafas mempunyai kebiasaan merokok. Keduanya tentulah saling bertabrakan dan mempunyai perbandingan yang kontras. Untuk menormalkan sistem pernapasan, maka Anda (yang merokok) harus memulai untuk bermusuhan dengan batang rokok. 

Carilah motivasi agar bisa keluar dari jebakan yang didatangkan oleh rokok. Memang kita semua tahu kalau berhenti merokok itu adalah jalan yang sangat sulit untuk ditempuh, terlebih mengingat adanya zat adiktif pada rokok yang membuat seorang pecandu akan kesulitan sekali meninggalkannya. Tapi bila Anda ingin menikmati hidup yang lebih berkualitas, jauhilah rokok sedari sadar akan dampaknya.

2. Olahraga
Berolahraga yang terlalu berat memang menjadi salah satu sebab terjadinya sesak nafas, tetapi bila bobot olahraga terbilang ringan, maka itu ‘justru’ baik untuk Anda. Ketika Anda berolahraga ringan, maka otot-otot tubuh akan bekerja dan berada dalam kondisi yang lebih baik, juga mereka akan memakai oksigen lebih efisien.

Banyak jenis olahraga sederhana yang dapat Anda coba. Luangkan 30 menit tiap pagi untuk mengayuh sepeda Anda yang sudah lama nganggur di rumah atau berjalan-jalan di luar rumah selama satu jam sembari menghirup udara pagi yang begitu sejuk dan bersih pun bisa Anda coba. Berolahraga ringan secara teratur telah terbukti menjaga kebugaran dan termasuk ke dalam cara mengatasi sesak nafas paling mudah.

3. Makan Dengan Porsi Sedikit Lebih Sering
Pada konsep diet, kita semua tahu ada satu aturan dalam beberapa jenis diet untuk mengurangi porsi makanan dan menggantinya dengan menambah jam makan yang umumnya tiga kali sehari menjadi lima atau enam kali sehari. Konsep ini bisa Anda pakai dalam mengobati sesak nafas secara alami.

Makan makanan dengan porsi banyak bisa membuat perut kembung dan memberi tekanan yang tidak baik pada paru-paru. Dengan mencegah agar tidak terjadi demikian, maka pemicu dari sesak nafas tidak akan terjadi. Tindakan lain yang cukup berkaitan adalah dengan melihat total karbohidrat tiap kali makan, yang mana penting bagi penderita sesak nafas untuk mencukupi kebutuhan energinya. Penderita sesak nafas butuh lebih banyak kalori hanya untuk bernapas.

4. Latihan Pernapasan
Tips Mengobati Sesak Nafas Dengan Latihan Nafas

Gangguan pernapasan ini bisa juga disebabkan oleh penyakit maag yang terjadi akibat penderita mengabaikan kondisi lambungnya dengan tidak minum obat ketika asam lambungnya naik. Tetapi, melatih pernapasan bisa menjadi cara menghilangkan sesak nafas yang cukup membantu akibat penyakit lambung. Berikut adalah latihan pernapasan perut yang bisa meredakan sesak nafas.
  1. Sediakan matras atau berbaringlah di atas karpet. Baringkan tubuh sampai nyaman senyaman mungkin, Anda bisa membantu mendapatkannya dengan meletakkan kepala di atas bantal.
  2. Tekuk lutut Anda untuk sedikit memberi tekanan pada perut. 
  3. Tekan perut dengan tangan kanan (atau kiri) secara perlahan dengan tekanan yang kuat. 
  4. Lalu tariklah nafas dari hidung menggunakan otot-otot perut Anda, rasakan udara yang mulai masuk ke dalam perut.
  5. Ketika Anda menarik nafas, tangan sudah tidak menekan perut lagi, melainkan diangkat atau tidak diletakkan di atas perut. Tetapi setelah Anda menghembuskan nafas, letakkan kembali tangan di atas perut sama seperti proses sebelumnya.
  6. Setelah berhasil melakukannya, terakhir adalah meletakkan tangan satunya di atas dada dan mulailah latihan ini beberapa kali hingga perut Anda terasa rileks.

5. Meditasi
Cara paling gampang untuk mengusir stres adalah melepaskan kepenatan yang terasa memenuhi seisi kepala. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada berbagai langkah yang direkomendasikan, tetapi yang hingga kini paling membantu adalah meditasi atau yoga. Meditasi juga bermanfaat untuk merileksasikan pernapasan Anda, maka cobalah.

Meditasi bisa dikatakan sempurna dan berhasil bila Anda merasakan suatu manfaat setelah melakukannya. Maka dari itu, perhatikan hal-hal yang penting sebelum bermeditasi. Tentukan ruangan yang tidak pengap, lebih baik di luar ruangan atau teras rumah. Lakukan di waktu pagi hari atau sebelum matahari mulai memanasi bumi, dan posisikan tubuh serileks mungkin.

6. Tidur
Tubuh adalah mesin yang paling canggih diantara mesin-mesin lain buatan manusia. Tetapi sama seperti mesin pada umumnya, tubuh juga butuh istirahat bila kelelahan. Anda tidak bisa memaksakan diri melakukan suatu pekerjaan atau aktivitas bila tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda lelah.

Saat kelelahan, maka semuanya akan terasa lebih sulit untuk dilakukan, termasuk pernapasan. Membiarkan tubuh mendapatkan haknya akan membuat Anda juga lebih dihargai oleh tubuh sebagai sesuatu yang sudah diberikan pada Anda. Jagalah tubuh Anda dengan menyeimbangkan antara pekerjaan dan istirahat.

7. Jahe
Jahe adalah satu rempah yang mudah diperoleh di Indonesia. Masyarakat biasa meminumnya sebagai minuman penghangat tubuh. Penelitian melaporkan bahwa jahe efektif meredakan sakit tenggorokan, sakit perut, sakit kepala, dan gangguan pernapasan seperti sesak nafas.

Anda bisa mencoba bikin minuman jahe sendiri. Sediakan 3 ruas jahe yang sudah dikupas. Kemudian bakar semuanya, memarkan. Rendam jahe atau seduh pada satu gelas air, tambahkan gula seperlunya. Minumlah air selagi hangat, sehari cukup dua kali. Lihatlah perubahan pada pernapasan Anda.

8. Carilah Ruang Hijau
Ruang Hijau di sini tidak merujuk pada Ruang Terbuka Hijau (RTH), melainkan ruang hijau yang dimaksud adalah lokasi atau tempat dimana lingkungan sekitarnya beriaskan tanaman-tanaman hijau, bunga yang bermekaran, dan udara yang jauh dari serangan polutan asap kendaraan.

Habiskan waktumu beberapa jam di tempat yang memenuhi kriteria tersebut, taman kota dan daerah pegunungan misalnya. Duduklah di bangku panjang sembari menikmati sajian alam, hirup udara segar yang mendesir hidung Anda, dan bila percaya diri, coba lakukan meditasi ringan. Lingkungan semacam ini sangat baik untuk membuat tubuh bebas dari masalah, sehingga sesak nafas bisa segera pergi. 

9. Rubah Posisi Duduk
Posisi duduk yang baik bagi penderita sesak nafas adalah membentuk sudut 45 – 90 derajat, atau pada posisi badan berbaring dan setengah duduk. Anda bisa duduk di bangku atau kasur, kalau di bangku gunakan bantal untuk mengganjal bagian kepala belakang dan punggung. Kombinasikan cara mengatasi sesak nafas ini dengan poin ke delapan: bersantai sejenak di ruang hijau.

10. Konsumsi Vitamin
Studi menunjukkan adanya perubahan positif pada paru-paru seseorang yang tidak lupa akan kebutuhan vitamin harian. Vitamin yang baik untuk paru-paru adalah yang mempunyai sifat antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan Vitamin D. Anda pasti tahu salah satu manfaat dari keempat vitamin tersebut, maka jangan lupakan mereka dalam hari-hari Anda.

Itulah cara mengatasi sesak nafas yang terbilang sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Bila kesemua tips sudah Anda praktikan namun belum terdapat perubahan ke arah positif, maka jangan gengsi untuk berkonsultasi pada dokter sebelum gangguan kesehatan lain menghampiri Anda. 

Biasanya pasien yang sudah parah tahapnya akan memerlukan operasi atau bedah paru-paru untuk membantu mengembalikan kualitas hidupnya, yang meskipun tidak menjamin kelangsungan hidup jangan panjang. 

Semoga artikel ini bermanfaat, bila ada pertanyakan lebih baik konsultasikan langsung pada dokter karena penulis hanya memberi rangkuman dari topik utama yang dibahas, yaitu cara mengatasi sesak nafas tanpa obat. 

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat