5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Ditambal

Advertisement
Cara mengatasi gigi berlubang tanpa perlu ditambal ternyata bukanlah mitos belaka. Selama ini, yang kita ketahui, kerusakan gigi tidak bisa disembuhkan kecuali dengan cara penanaman bahan sintetis alias ditambal. Sebenarnya, ada satu solusi untuk mengatasi masalah ini tanpa harus melibatkan alat seperti bor dan perangkat kedokteran lain untuk melakukan proses penambalan.

Sebuah penelitian yang ditulis dalam British Medcal Journal, rongga dan kerusakan gigi dapat disembuhkan atau dikembalikan dengan melakukan diet yang telah disiapkan tata caranya. Studi ini melibatkan 62 anak dengan gigi berlubang untuk dibagi menjadi 3 kelompok dengan program diet berbeda. 

Kelompok 1 makan makanan diet standar dengan tambahan oatmeal yang kaya akan asam fitat. Kelompok 2 juga mengonsumsi menu diet standar, yang membedakan, mereka diberikan suplemen vitamin D dalam dietnya. Sedangkan kelompok 3 sebagai grup terakhir mendapati menu diet tanpa gandum dan konsumsi vitamin D dari sumber eksternal.

Hasilnya, kelompok 1 yang diet tinggi asam fitat mengalami peningkatan gigi berlubang. Disisi lain, kelompok 2 mengalami sedikit perbaikan pada rongga giginya, hanya saja masih terbilang kurang sempurna. Sementara kelompok 3 yang mendapatkan diet bebas gandum dan menggantinya dengan makanan kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, daging, susu, dan vitamin D memperoleh perubahan paling baik di mana hampir semua rongga sembuh atau terbentuk bahan sintesa untuk menutup rongga yang bolong secara alami. 

Penelitian tersebut mendapat respon positif dari banyak dokter gigi dan menjadi bukti kalau selama ini kita tidak tahu bahwasanya gigi yang berlubang ternyata bisa disembuhkan secara alami. Terkait dengan hasil ini, dokter gigi bernama Ramiel Nagel yang menulis buku Cure Tooth Decay telah membantu banyak pasiennya yang mengalami kerusakan gigi tanpa harus menambalnya. Dirinya percaya bahwa kita bisa mencegah dan menyembuhkan rongga gigi yang berlubang dengan makanan yang bergizi.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Ditambal

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Ditambal
Tentu menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas, oleh karena itu Alokesehatan merangkum cara mengatasi gigi berlubang secara alami tanpa harus ditambal oleh dokter gigi yang dituangkan pada artikel ini. Silakan disimak bagaimana prosesnya.

1. Hindari Gula Berlebih
Gula dari makanan yang mengandung karbohidrat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Hormon insulin pada pankreas akan menerima rangsangan dari saluran pencernaan tatkala mendapatkan sumber glukosa untuk dirubah menjadi energi yang akan dipakai saat itu atau disimpan. Memang melihat penjelasan tersebut, gula sangat diperlukan tubuh agar tetap terjaga.

Tetapi, yang dimaksud disini adalah Anda meminimalisir konsumsi makanan atau minuman yang banyak menyimpan pemanis. Alasannya, pada satu sisi memang penting untuk tubuh, tetapi di lain sisi bila tubuh memperoleh gula berlebih, akan menekan nafsu makan dan parahnya lagi berisiko terhadap diabetes.

Tentu tidak hanya itu risikonya, makanan atau minuman tinggi gula akan mendemineralisasikan struktur pada gigi sehingga terbentuklah rongga. Gula bisa menjadi bumerang bila Anda tidak memperkirakan kadar pengonsumsiannya. Selain itu, gula juga akan menghidupkan bakteri pada mulut yang akan mencegah gigi memperoleh cairan sehat karena kondisi mulut yang asam. 

Jadi, mulai sekarang, Anda harus menjauhi minuman-minuman bersoda, permen manis, dan makanan yang menyimpan gula dalam jumlah banyak. Hindari pula konsumsi sirup maple atau madu sebagai campuran minuman seperti jus karena mereka juga turut berkontribusi menciptakan ronga pada gigi.

2. Hindari Pula Asam Fitat
Asam fitat adalah lemak jenuh yang diperoleh dari makanan berjenis biji-bijian seperti padi, jagung, kacang, dan kedelai. Asam fitat menjadi molekul organik yang dimanfaatkan tumbuhan untuk menyimpan cadangan fosfor dalam biji. Bagi tumbuhan, asam fitat mempunyai peran penting, tapi tidak untuk manusia, karena bila dikonsumsi bisa membawa dampak serius pada masalah kesehatan.

Asam fitat adalah zat yang tidak bisa dicerna oleh manusia dan hewan non-ruminansia karena tidak memiliki enzim fitase. Akibat dari tidak terprosesnya zat ini, maka asam fitat akan dikeluarkan dari tubuh bersama kotoran. Kenyataan tersebut membuat asam fitat semakin memperburuk keadaan, ditambah lagi ia adalah zat pengikat Zn, Fe, Ca, dan Mg. Bayangkan, bagaimana bila tubuh kekurangan mineral-mineral penting tersebut? Tentunya banyak masalah yang timbul pada daerah tulang dan gigi.

Mungkin selama ini kita tahu kalau kacang kedelai adalah sumber vitamin untuk tulang, tapi di sisi lain (setelah mengetahui ini) ternyata juga tidak baik untuk tulang. Bagaimana bisa? Jadi begini, pengolahan kacang kedelai dengan cara direndam sebelum diolah menjadi susu akan mengurangi kadar asam fitat dalam jumlah yang signifikan, bahkan bisa mencapai 100%.

Makanan yang menyimpan asam fitat dan tidak diolah secara baik sebelum dikonsumsi akan merusak struktur gigi karena kekurangan mineral-mineral penting yang dibutuhkan tadi. Untuk tambahan informasi, beberapa nama makanan yang memiliki asam fitat adalah kacang almond, tahu, kacang buncis, kedelai, jagung, kacang tanah, tepung gandum, gandum utuh, susu kedelai, oatmeal, beras belum dicuci dan sudah dicuci, dan kacang panjang. Kurangilah konsumsi makanan tersebut agar cara mengatasi gigi berlubang tanpa ditambal ini bisa membawa hasil yang diinginkan.

3. Susu Sapi Murni dan Makanan Kaya Nutrisi
Susu sapi murni banyak berkontribusi terhadap kesehatan tubuh manusia. Seperti yang semua orang ketahui, susu adalah nutrisi terbaik untuk tulang dan gigi karena diperkaya dengan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, dan seng. Susu sapi murni tanpa rasa sudah sangat membantu Anda yang ingin menutup rongga di gigi secara alami tanpa ditambal.

Selain mendapati nutrisi dari susu sapi murni, Anda juga tidak boleh melewatkan makanan kaya gizi. Dr. Axe pada situsnya menuliskan, bila Anda mau melawan kerusakan gigi tersebut, maka tubuh memerlukan lemak larut yang cukup tinggi dalam asupan vitamin dan asupan mineral. Dia pun memberikan menu makanan untuk diet yang ideal dan sedikit pola hidup sehat dalam hal ini.
  • Perbanyak makanan hewani seperti ikan, telur, dan daging
  • Sayuran berdaun hijau yang dikonsumsi dalam keadaan matang atau mentah
  • Susu kefir dan keju
  • Sepotong buah di pagi hari 
  • Memperoleh asupan vitamin D gratis dari matahari langsung
  • Makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak kelapa, buah alpukat, dan minyak ikan kod

4. Mineralisasi Pasta Gigi
Melakukan mineralisasi pada gigi atau melapis ulang email gigi bisa Anda ambil sebagai satu solusi yang cukup efektif dalam upaya mengatasi gigi berlubang tanpa perlu ditambal. Proses ini bisa dilakukan oleh fluoride. Bagaimana cara kerja fluoride?

Fluoride akan membantu proses remineralisasi dan memperkuat permukaan gigi yang sudah dirusak oleh asam yang terproduksi akibat keberadaan bakteri di dalam mulut. Pemakaian pasta gigi berfluoride secara terus-menerus dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi dan melindungi gigi dari kerusak serta memperbaiki kerusakan yang telah terjadi.

Fluoride bekerja dengan dua cara:
  • Melapisi dan memperkuat email gigi sehingga tidak mudah digerus oleh asam mulut dan mengurangi terjadinya kerusakan gigi ataupun masalah gigi berlubang.
  • Merangsang email gigi untuk memperbaiki kerusakan ringan pada gigi dengan menstimulasi penyerapan kalsium. Dengan berjalannya tahapan ini, gigi berlubang bisa teratasi tanpa harus menambalnya ke dokter gigi.

Anda bisa melakukan mineralisasi dengan memakai pasta gigi berflouride atau bisa dengan membuatnya sendiri, ikuti panduan berikut.
  • Persiapkan 4 sdm minyak kelapa, 2 sdm baking soda, dan 1 sdm xylitol
  • Tak lupa teteskan 20 kali minyak cengkeh esensial dan 20 tetes bubuk magnesium
  • Campur semuanya sampai berbentuk pasta, gunakan untuk menggosok gigi secara rutin

5. Minyak Menarik
Minyak menarik biasa dipakai untuk metode pengobatan Ayurveda di India sejak ribuan tahun sebelumnya. Minyak menarik sangat efektif untuk membunuh segala jenis bakteri jahat yang bersemayam di dalam mulut kita. Permasalahan umum seperti gusi berdarah, penyakit gusi, dan kerusakan gigi bisa benar-benar dipulihkan olehnya. Dan bahkan, minyak menarik ini bisa meningkatkan kesehatan mulut dan membuat gigi lebih putih.

Tidak heran bila pengobatan jenis ini sekarang sangat laku di Amerika Serikat. Anda bisa mencoba metode simpel ini. Minyak menarik bisa kita dapat dari biji wijen, kelapa, minyak zaitun, atau bunga matahari. Cara melakukannya adalah dengan memutar-mutarkan (atau sedikit berkumur) dengan minyak menarik selama 15 – 20 menit di pagi hari saat baru bangun tidur. Cairan yang keluar akan berwarna putih dan itu tandanya bahwa racun ikut keluar bersama air liur dan minyak tersebut. Lakukan terus setiap hari hingga Anda melihat hasil yang mengejutkan.

Dengan mencoba semua cara mengatasi gigi berlubang tanpa ditambah di atas, Anda bisa sedikit menghemat biaya dan terbebas dari jeratan kekhawatiran tentang apa yang akan dilakukan dokter bilamana gigi Anda harus ditambal. Memperoleh hidup sehat tidak melulu dengan cara yang sulit, ingatlah itu.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Ditambal