3 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat dan Alami

Advertisement
Tiga rumus utama di setiap cara menambah tinggi badan dengan cepat dan secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan ataupun minuman sehat untuk meninggikan badan, olahraga yang dapat merangsang pertumbuhan tulang secara teratur, dan istirahat tepat waktu.

Tinggi badan akan selalu didambakan oleh tiap orang yang memiliki tinggi kurang ideal, alias pendek. Dengan tinggi badan yang maksimal, kemungkinan seseorang untuk percaya diri menjadi lebih besar. Tetapi untuk memperolehnya, memang tidak semudah memimpikannya. Perjuangan keras harus selalu dilakukan agar mendapat hasil yang diinginkan. Tenang, Alokesehatan sudah menyiapkan strategi untuk Anda yang ingin meninggikan badan dengan cara alami.

Cara Menambah Tinggi Badan

Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat dan Alami

Kita mulai dengan menyiapkan tahapan pertama, yaitu menentukan jenis makanan yang bisa menunjang kebutuhan tulang agar tumbuh lebih optimal.  Susunlah menu makan Anda sendiri dengan menghitung nilai gizi pada tiap makanan berikut.

# Tahap 1: Pilih Sumber Nutrisi Pendukung Tinggi Badan
Apa saja makanan peninggi badan yang bisa saya pilih?

1. Susu dan Produk Olahannya
Tidak diragukan lagi keandalan susu untuk mendukung proses pertumbuhan, baik anak-anak ataupun dewasa. Sekarang ini, kita bisa menemukan susu dengan mudah. Tetapi susu yang berguna untuk membuat badan lebih tinggi adalah mereka yang diperkaya secara alami oleh kalsium (utama), protein, dan vitamin A, B, D dan E. Produk olahan susu yang direkomendasikan adalah keju dan yoghurt.

Nutrisi penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang sehat serta kuat adalah kalsium. Sementara nutrisi lain yang menjadi pembantu proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh adalah vitamin D yang bisa ditemukan dari berbagai makanan sumber vitamin D. Untuk Anda menerapkan cara menambah tinggi badan alami ini, minumlah secara rutin 2 gelas susu setiap hari (pagi dan malam) setiap harinya.

2. Telur
Sumber kalsium dan vitamin D lain bisa kita peroleh dari sebutir telur. Untuk membantu melancarkan program yang sedang Anda jalankan, telur tidak boleh dipisahkan. Manfaatnya di sini sangat penting, selain kalsium dan vitamin D, telur juga ikut menyumbang vitamin B2. Semua nutrisi ini akan membantu dalam mengembangkan tulang yang kuat serta membuat kesehatan tubuh selalu terpelihara.

Bila tiap pagi Anda sarapan dengan dua butir telur dan segelas susu, selain tinggi badan yang akan diperoleh secara natural, berat badan Anda pun ikut bertambah menjadi ideal (bila sebelumnya Anda termasuk orang bertubuh kurus). Tapi jangan lupa memasukkan sedikit karbohidrat yang bersumber dari roti gandum misalnya.

3. Ayam
Pada usia yang terbilang sudah tidak muda lagi, kebutuhan nutrisinya akan bertambah. Bila seseorang dengan usia di atas 25 tahun memiliki mimpi agar tinggi  badannya masih berlanjut, mungkin daging ayam bisa membantu mewujudkan mimpi tersebut, meski prosentase keberhasilannya sedikit. Ayam adalah salah satu sumber protein alami yang mampu membantu membangun struktur otot dan jaringan.

Baik usia muda ataupun dewasa, mengonsumsi ayam setidaknya 50 gram setiap hari bisa mencukupi kebutuhan protein. Protein tergabung ke dalam tiga nutrisi yang dibutuhkan tulang untuk bisa berkembang dan memanjang. Dengan memberikan tubuh apa yang diperlukan agar tinggi badan bisa bertambah, maka kemungkinan besar akan berhasil.

4. Tahu
Tahu adalah salah satu produk hasil olahan kedelai. Dengan kandungan protein nabati yang tinggi dan kalsium, serta rendah lemak, maka tahu didaftarkan ke dalam makanan yang bisa meninggikan badan. Jadikan tahu sebagai makanan favorit Anda agar rasa bosan tidak melanda dan menghentikan mimpi Anda.

The Fit Indian menyarankan kita yang sedang mengaplikasikan berbagai cara menambah tinggi badan untuk memasukkan 50 – 55 gram kacang kedelai ke dalam tubuh. Kacang kedelai ini bisa dikonsumsi bentuk utuh ataupun dijadikan produk lain seperti susu, tahu, dan tempe.

5. Pisang
Buah pisang sering dilupakan oleh pengamat kesehatan karena menurutnya pisang hanya mampu meningkatkan berat badan seseorang. Padahal dalam kenyataannya, manfaat buah pisang jauh lebih banyak. Daging buah yang lunak ini, bila dikonsumsi secara rutin, juga mampu meninggikan badan. Hal ini dikarenakan pisang menjadi salah satu makanan sumber kalsium, kalium, dan mangan. Di dalamnya juga terdapat bakteri probiotik yang sehat  untuk menunjang cara menambah tinggi badan seseorang.

Kehadiran kalium pada pisang membawa reaksi positif pada tulang dan gigi agar tidak lemah, dan juga membantu menetralisir dampak berbahaya dari sodium pada tulang. Mineral ini ikut membantu mempertahankan konsentrasi kalsium dalam tulang. Sementara mangan pada pisang bertugas meningkatkan kesehatan tulang dan metabolisme. Kalsiumnya akan membuat tulang tetap kokoh dan tidak menipis.

Selengkapnya silakan dilihat: Makanan Peninggi Badan Alami Kaya Protein, Kalsium, dan Vitamin D

Setelah Anda berhasil menyusun menu makan sendiri untuk waktu sarapan, makan siang, dan makan malam, sekarang kita masuk ke tahapan kedua: olahraga yang dapat meninggikan badan.

# Tahap 2: Geraklah Secara Rutin Dengan Cara Berolahraga
Melibatkan olahraga sudah sepaket dalam cara menambah tinggi badan. Setiap orang membutuhkan olahraga untuk mendorong pertumbuhan, baik anak-anak, remaja, maupun orang tua. Dengan terus aktif bergerak, maka tidak menutup kemungkinan pada usia kepala 2 tinggi badan bisa bertambah beberapa inci sebelum akhirnya berhenti pertumbuhannya.

Kegiatan fisik mampu memengaruhi pertumbuhan dengan sebab jika tubuh aktif secara fisik, maka tubuh akan menuntut lebih banyak nutrisi. Akibatnya, terjadi peningkatan asupan gizi yang diteruskan ke pertumbuhan. Apabila olahraga reguler dilakukan, maka akan merangsang hormon pertumbuhan. Anda bisa memulai olahraga secara teratur kapan saja. Berikut ini beberapa latihan terbaik dari berbagai jenis olahraga yang bisa meningkatkan tinggi badan.

1. Renang
Berenang adalah salah satu olahraga yang dapat membantu meninggikan badan. Olahraga ini juga termasuk ke dalam olahraga yang menyenangkan dan tidak banyak menguras tenaga. Dengan rutin berolahaga minimal 2 jam sehari selama 4 – 5 hari dalam satu minggu, maka melihat perubahan pada postur tubuh Anda akan cepat terjadi.

Olahraga yang paling besar berkontribusi dalam hal ini memang berenang. Pasalnya, dengan berenang, banyak dari otot tubuh yang akan memperoleh rangsangan. Gaya dalam berenang bisa Anda pilih sesuka hati, yang terpenting semua anggota tubuh diharuskan bergerak.

2. Basket
Basket juga diberi kedudukan tinggi dalam kategori olaharaga yang baik untuk menambah tinggi badan seseorang. Olahraga ini mungkin memiliki stereotip hanya dilakukan oleh para cowok-cowok tampan dengan postur tubuh ideal. Mungkin benar, kalau di sinetron atau FTV. Tapi faktanya lain.

Basket bisa menjadi Anda pilih sebagai olahraga favorit dan mengasyikkan yang memberi manfaat terhadap pertumbuhan Anda. Lakukan olahraga ini dengan teknik yang benar, lompatlah setinggi mungkin, dan masukkan bola, beri apresiasi pada diri Anda sendiri. Terus semangat sampai Anda merasakan perbedaannya. Basket akan membuat otot Anda meregang dan memanjang sehingga badan menjadi lebih tinggi. 

3. Lompat Tali
Lompat tali juga melibatkan otot dan tulang kaki sebagai pondasi kekuatan saat melakukan olahraga ini. Dengan rutin melakukan lompat tali, besar kemungkinan Anda mendapatkan tinggi badan yang optimal. Ada baiknya melakukan lompat tali setelah stretching, agar tidak terlalu pegal setelahnya.

4. Lari
Olahraga lain yang lebih sederhana dan mampu menjadi solusi dari kebuntuan Anda adalah lari. Ajak teman Anda, atau keluarga Anda, atau cobalah melakukannya sendirian. Berlarilah secara rutin di pagi hari saat matahari belum tegak di peraduannya. Rileksasikan dirimu saat berlari dan lakukan dengan santai. Lari akan mengantarkanmu ke mimpimu yang satu ini. Yang terpenting, lakukan secara rutin minimal 30 menit.

5. Badminton
Punya hobi main badminton bisa menjadi salah satu solusi anti bosan buat Anda. Jenis olahraga ini sangat baik untuk memperkuat tulang kaki. Tidak hanya itu, tentunya, bermain badminton juga bisa membantu merangsang pertumbuhan tulang. Dalam satu minggu, cobalah ‘badmintonan’ 3 hari dengan jadwal yang berbeda harinya, namun sama tiap minggunya. 

# Tahap 3: Istirahatkan Tubuh Anda 
Sehabis mengucuri peluh karena olahraga, dan menikmati makanan enak nan menyehatkan setelahnya, langkah terakhir yang masih termasuk ke dalam cara menambah tinggi badan secara cepat dan alami adalah membiarkan tubuh memperoleh “Me Time”-nya dengan cara tidur.

Dilansir Vemale, tidur merupakan salah satu metode paling ringan untuk dilaksanakan tatkala kita punya keinginan untuk memperoleh tubuh yang tinggi. Mengapa demikian? Menurut para ahli kesehatan, di dalam tubuh terdapat hormon pertumbuhan yang bernama HGH atau Human Growth Hormone. Hormon yang bertugas mendorong pertumbuhan ini hanya akan beraksi secara optimal ketika tubuh beristirahat (tidur).

Untuk itu, daripada Anda makan camilan sembari nonton TV sehabis olahraga, ada baiknya menyempatkan waktu yang ada untuk tidur. Lakukan cara tidur yang benar, ikuti panduan berikut: 
  • Posisikan badan telentang lurus mendatar, gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi, atau lebih baik tidak menggunakan bantal.
  • Dalam sehari, sempatkan tidur siang minimal 30 - 60 menit. Normalnya, manusia butuh 8 – 9 jam waktu istirahat setiap harinya.
  • Matikan lampu sebelum tidur, hal ini akan membuat mata Anda lebih rileks karena tidak diterpa sinar lampu. Tentunya tidur Anda akan lebih berkualitas.
  • Saat bangun tidur, minum dua gelas air putih dan lakukan stretching pada lengan dan kaki, atau kebanyakan orang menyebutnya “ngolet”.

***

Itulah serangkaian cara menambah tinggi badan yang bisa Anda lakukan.

Kesimpulannya:
  • Buatlah menu makan sehat yang tidak menyiksa kantong dari makanan-minuman yang telah disebutkan.
  • Lakukan olahraga rutin setiap hari, tentukan waktunya, lebih baik di pagi hari selama minimal 30 menit.
  • Selepas olahraga, konsumsi makanan atau minuman tinggi kalsium, protein, dan vitamin D.
  • Jangan lupakan istirahat, sesibuk apapun, sempatkan diri untuk rehat agar pertumbuhan Anda tidak terhambat.
  • Ulangi setiap hari.

Adapun faktor yang menentukan tinggi badan, seperti:
  • Gizi. Kecukupan gizi bisa memengaruhi seberapa jauh Anda ke titik pencapaian. Protein, kalsium, dan vitamin D adalah nutrien penting yang tidak boleh dilupakan.
  • Genetik atau keturunan juga ikut memengaruhi tinggi badan seseorang. Bila orang tua Anda terlihat pendek, bukan berarti Anda juga akan pendek. Teruslah optimis dan lakukan yang terbaik.
  • Hormon pertumbuhan yang berfungsi merangsang tulang. 
  • Dukungan lingkungan sebenarnya juga memiliki andil di sini. Anda butuh orang yang bisa memotivasi agar program yang sedang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Apakah tips menganai cara menambah tinggi badan ini bermanfaat untuk Anda? Jangan lupa bagikan kepada teman, ya,

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat dan Alami