10 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Advertisement
Karang gigi merupakan lapisan keras pada leher gigi yang menutupi bagian perlekatan antara gusi dan gigi bagian bawah. Terbentuknya karang gigi disebabkan oleh ketidaksadaran diri dalam melakukan perawatan. Tidak hanya itu, awal mula karang gigi ini dikarenakan adanya plak yang menumpuk akibat tidak dibersihkan. Plak itu sendiri diperoleh dari sisa-sisa makanan dan bakteri yang lama kelamaan menjadi karang gigi.

Mungkin Anda sedang mengalaminya saat ini dan pertanyaan besar yang terlintas di dalam benak Anda adalah bagaimana cara membersihkan karang gigi ini? Bila Anda cukup punya uang untuk mengambil jalur medis, maka lakukanlah scaling dengan alat kedokteran. Akan tetapi bila sebaliknya, maka tempuhlah jalur lain yang tidak kalah efektifnya.

Cara Membersihkan Karang Gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri

Meskipun terdengar mustahil kalau karang gigi bisa dihilangkan tanpa campur tangan dokter gigi dengan proses scaling, Anda harus menjajalnya terlebih dahulu untuk membuktikan seberapa besar keberuntungan Anda.

1. Baking Soda
Bubuk soda kue menjadi bahan pertama yang bisa Anda coba dalam menangani masalah ini. Biasanya baking soda dipakai saat yang terbentuk barulah plak, dan bukan karang gigi. Tetapi, Anda tidak tahu seberapa besar kemungkinan karang gigi tersebut akan hancur dan hilang secara bertahap. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba.
  • Tuang sedikit baking soda pada sebuah mangkuk.
  • Taburi sedikit garam dan beri beberapa tetes air, haluskan hingga menjadi pasta.
  • Kumur-kumur dengan air biasa, lalu tempelkan pasta baking soda pada keseluruhan permukaan gigi.
  • Sikat gigi seperti umumnya selama beberapa menit, terakhir kumur-kumur lagi sampai mulut Anda bersih.

Baking soda sebagai bahan utama di sini bisa juga dicampurkan dengan segelas air (baking soda sebanyak setengah cangkir), lalu diberi 10 tetes air peraasn lemon, dan 4 sendok teh gliserol sayuran, dan 1 sendok teh gel lidah buaya. Aduk pakai sendok dan gunakan sebagai obat kumur, lakukan dua kali sehari.

2. Tomat dan Stroberi
Makanan yang sarat akan vitamin C memang cocok bila diperuntukkan sebagai pembersih gigi alami. Mengonsumsi mereka secara rutin dapat meningkatkan kesehatan mulut. Pada kasus ini, Anda bisa memanfaatkan keduanya untuk membersihkan karang gigi.
  • Pilihlah salah satu diantara kedua bahan, tomat atau stroberi.
  • Bersihkan mulut dengan air hangat.
  • Gosokkan tomat atau stroberi pada gigi permukaan dan yang terbentuk plak (atau karang gigi).
  • Diamkan selama 5 – 10 menit agar kandungannya bekerja melembutkan karang gigi.
  • Langkah terakhir, bilas mulut Anda dengan segelas air hangat yang tercampur baking soda.

Makanan yang mengandung vitamin C bukan hanya stroberi dan tomat, tetapi masih banyak lagi. 

3. Keju
Keju adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Sebagian ibu lebih suka memberi santapan sarapan keluarga dari makanan yang praktis, seperti roti isi sayur dan keju (sandwich) disertai segelas susu putih hangat. Tentunya sarapan semacam ini sangatlah menyehatkan.

Keju ternyata juga memiliki kemampuan dalam membersihkan karang gigi. Tapi pada prosesnya tidak sepraktis yang Anda pikirkan. Keju akan bekerja menetralkan asam pada mulut yang mana bisa menjembatani produksi plak. Untuk itu, konsumsilah keju atau makanan yang bercampur keju sebelum makan. Pilihlah keju yang sudah berumur, karena komponen di dalamnya akan bertindak sebagai agen pencegah.

4. Minyak Wijen
Dilansir oleh Deherba, kegunaan minyak wijen untuk kesehatan tubuh adlaah untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes, menjaga kesehatan usus, menyehatkan rambut, merawat kulit, dan memelihara kepadatan tulang. 

Di antara kegunaannya tersebut adalah untuk memelihara kesehatan mulut, yang salah satunya adlaah menyingkirkan plak pada mulut. Cara membersihkan karang gigi dengan minyak wijen cukup dengan berkumur secara rutin sehari satu atau dua kali. Metode ini pernah dibuktikan pada suatu riset yang menunjukkan satu hasil pasti adanya penurunan jumlah bakteri streptococcus di gigi dan air liur.

5. Sikat Gigi (Dengan Alat dan Cara Yang Benar)
Dalam menyikat gigi, ternyata ada tekniknya juga. The American Dental Association (ADA) meminta Anda yang sedang berurusan dengan dental calculus untuk menggosok gigi dengan cara vertikal (ke atas atau ke bawah, dan bukan ke kanan atau ke kiri).

Tidak hanya itu, badan asosiasi tersebut juga meminta Anda untuk memilih sikat gigi tepat. Rekomendasi dari ADA terhadap sikat gigi yang digunakan adalah dari yang berbulu halus pada ujungnya. Menyikat gigi dengan sikat gigi yang keras dan dengan cara memaksa justru akan merusak enamel yang melindungi gigi. Lebih parahnya dapat merusak gigi.

Pilihlah sikat gigi dengan kepala yang tidak terlalu besar sehingga muat bila harus diselipkan ke dalam sela-sela gigi dan bagian dalam mulut Anda, terutama pada gigi di bagian belakang. Jangan juga menyepelekan kebersihan sikat gigi. Setidaknya gantilah sikat gigi tiga bulan sekali.

6. Pakai Sikat Gigi Berflouride
Silakan disimak artikel kami sebelumnya mengenai cara mengatasi gigi berlubang tanpa harus ditambal, pada artikel tersebut sedikit dijelaskan apa itu dan bagaimana cara kerja pasta gigi yang mengandung flouride.

Bagi orang dewasa, memiliki gigi yang tetap utuh adalah aset tak ternilai. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk menjaga keutuhan tersebut adalah dengan melakukan perawatan rutin sekaligus penjagaan dari kerusakan. Jalan yang bisa Anda ambil adalah dengan rutin memakai sikat gigi berflouride. Kabarnya, sikat gigi berflouride juga bisa mengusir karang gigi.

7. Siwak
Siwak bisa pula dipakai untuk membersihkan karang gigi. Kayu ini sudah lama dipakai oleh umat Muslim yang tinggal di daerah pedalaman atau pelosok, meski tidak memperkecil kemungkinan banyak pemakainya di daerah perkotaan. 

Tidak banyak yang tahu kalau kayu siwak adalah bahan alami yang tidak berbahaya yang bisa Anda manfaatkan tanpa harus banyak mengeluarkan biaya untuk membersihkan karang gigi. Tapi pada prosesnya memang memakan waktu, berbeda dengan mereka yang lebih memilih untuk melakukan proses scaling.

Adapun cara membersihkan karang gigi dengan kayu siwak ini adalah dengan menggunakan pasta gigi untuk menyikat gigi pakai siwak, atau bisa dengan mengikat serat kayu siwak pada gigi dilanjut dengan menggosok gigi pakai pasta seperti biasa.

8. Getah Buah Sukun
Indonesia terkenal akan kekayaan alamnya. Banyak sekali tanaman bermanfaat yang bisa dimakan sekaligus dipakai untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh. Seperti getah buah sukun yang sudah terkenal sejak lama di tanah jawa akan kemampuannya mengobati beraneka macam penyakit gigi.

Penggunaan getah buah sukun untuk membersihkan karang gigi tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengoleskan getah buah sukun pada karang gigi secara menyeluruh, kemudian dibiarkan bekerja beberapa saat sebelum Anda sudahi dengan berkumur air bersih.

9. Biji Asam Kawak
Biji asam kawak sering dipakai untuk menambah cita rasa pada suatu masakan. Salah satu kegunaan biji asam sawak sebagai bumbu masakan mungkin sudah menjadi rahasia umum, akan tetapi bila pemakaiannya untuk menyehatkan gigi, dijamin hanya segelintir orang yang mengetahuinya.

Cara membersihkan plak dengan biji asam kawak tidaklah sulit, Anda cukup menyangrainya kemudian ditumbuk halus. Hasil tumbukan dipakai untuk mengoles karang gigi dengan bantuan tangan atau kapas. Kemudian disikat beberapa saat dan dibersihkan dengan cara berkumur.

10. Hindari Merokok
Poin terakhir pada pembahasaan ini mungkin lebih tepat dibilang sebagai tindakan pencegahan dan peminimalisir risiko yang bakal terjadi ke depan bila kebiasaan ini masih sering dilakukan. Just Health membawa laporan suatu riset yang menyatakan bahwa mereka yang memakai produk tembakau jauh lebih mungkin untuk memiliki plak di gigi yang berujung pada karang gigi.

Agar Anda berhasil mengaplikasikan cara membersihkan karang gigi di atas, sudah sepatutnya untuk menghentikan kebiasaan merokok yang sama sekali tidak menyehatkan diri sendiri dan juga orang lain. 

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri