31 Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi dan Rendah

Advertisement
Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan kompleks perlu dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan jumlah karbohidrat harian. Tubuh memerlukan karbohidrat agar bisa dikonversi menjadi energi yang nantinya diperlukan untuk berbagai aktifitas fisik dan menormalkan fungsi tubuh.

Karbohidrat mempunyai dua jenis; sederhana dan kompleks.
  1. Karbohidrat sederhana merupakan karbohidrat yang tersusun atas satu atau dua molekul gula. Karena struktur kimia molekulnya yang lebih sederhana membuat karbohidrat sederhana sebagai sumber energi yang lebih cepat diserap dan diolah tubuh. 
  2. Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang tersusun atas tiga molekul gula atau lebih yang saling terikat dalam suatu rantai molekul. Gula pada karbo kompleks lebih kaya serat, vitamin, dan mineral. Kekompleksannya membuat karbohidrat jenis ini lebih lama untuk dicerna tubuh sehingga membuat kenaikan glukosa darah seseorang lebih lambat setelah dikonsumsi.

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Sederhana dan Kompleks

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Berikut ini sumber makanan yang di dalamnya terdapat karbohidrat dalam jumlah cukup tinggi.

1. Gula Pasir
Hingga kini gula pasir masih dinyatakan sebagai sumber karbohidrat paling tinggi. Semua makanan yang diberi gula atau terkandung gula sudah pasti menjadi sumber energi bagi keperluan tubuh. Tetapi, berlebihnya kadar gula dalam tubuh juga tidak baik untuk kesehatan karena bisa menjadi pemicu penyakit diabetes. Untuk itu, hindarilah mengonsumsi gula pasir berlebihan, terutama saat membuat minuman seperti jus dan teh. Lebih baik pakai gula alami. 

2. Gula Merah
Gula merah adalah bahan pemanis yang terbuat dari bunga pohon kelapa atau aren. Di daerah Jawa gula merah lebih dikenal sebagai gula jawa. Fungsi utama dari gula merah sudah pasti sebagai pemanis yang digunakan untuk bumbu dapur.

Dalam satu hari, pankreas yang sehat bisa mengonversi sekitar 9 sendok makan atau 90 gram gula merah menjadi energi. Hal yang menarik dari gula merah adalah kedudukannya yang lebih sehat dibanding gula pasir ataupun gula batu.

3. Madu
Madu adalah cairan kental yang mempunyai banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Di zaman yang serba modern seperti sekarang, madu sudah diolah sebagai makanan, minuman, dan juga produk perawatan kulit ataupun penjaga kesehatan tubuh.

Cairan madu bisa dipakai untuk mengobati sariawan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan jerawat (bekas dan flek hitam), meredakan batuk, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, meningkatkan daya ingat, mengobati alergi, membasmi bakteri, dan masih banyak sekali manfaat yang bisa tubuh peroleh dari madu.

Menurut Wikipedia, nilai gizi per 100 gram madu terdapat 82.4 gram karbohidrat, 0.3 gram protein, bebas lemak, 0.038 mg riboflavin, 0.121 mg niasin, 0.068 mg asam pantotenat, 0.024 vitamin B6, 2 mikrogram asam folat, 0.5 mg vitamin C, dan berbagai mineral dengan rata-rata memenuhi 1% angka kebutuhan gizi harian.

4. Sirup Maple
Sirup maple adalah sirup yang dibuat dari pohon maple. Pohon maple sendiri merupakan pohon yang tumbuh di Eropa dan negara bermusim salju lainnya. Sirup maple biasa dicampur ke dalam minuman untuk menambah rasa manis yang istimewa.

Di Indonesia, sirup maple dibanderol dengan harga selangit. Menurut Huffingtonpost, beberapa hal yang membuat tingginya harga dari sirup ini adalah karena membutuhkan getah yang banyak. Untuk membuat satu galon sirup maple saja memerlukan setidaknya 40 galon getah pohon maple (satu galon seberat 11 kilogram). 

Disamping itu, tingginya harga sirup maple juga disebabkan oleh tidak sembarangan pohon yang bisa diambil getahnya. Hanya yang sudah cukup tua saja yang bisa menghasilkan banyak getah. Kualitas manis dari sirup maple hanya bisa didapat dari getah pohon yang dipanen saat musim dingin sampai awal musim semi.

Meski begitu, sirup maple mempunyai banyak manfaat kesehatan, antara lain mengandung sekitar 24 zat antioksidan yang dapat mencegah masuknya radikal bebas pemicu kerusakan sel tubuh sehingga mendatangkan berbagai penyakit. Mineral seperti mangan dan seng juga banyak terkandung dalam sirup ini.

5. Selai
Kandungan karbohidrat pada selai tergantung pada seberapa kental dan kering selai yang dipakai atau dikonsumsi sebagai bahan pemanis makanan. Semakin kering dan sedikit kandungan air selai, maka kandungan karbohidrat di dalamnya semakin tinggi.

6. Strawberry
Strawberry adalah buah yang berasal dari Negeri Paman Sam (Amerika) yang kemudian dibudidayakan di Amerika Utara untuk jenis Fragaria Virginiana yang harum dan terkenal rasanya. Per 160 gram buah strawberry terdapat kandungan gizi berupa 50 kalori, 11.65 gram karbohidrat, 1 gram protein, 3.81 serat, 23.24 mg kalsium. 16.60 mg magnesium, 31.54 fosfor, 44.82 mg potassium, 94.12 mg vitamin C, 29.38 mg folat, dan 44.82 IU vitamin A.

7. Apel
Makanan yang mengandung karbohidrat lain dan bersumber dari keluarga buah-buahan adalah apel. Apel biasa dimakan sebagai ‘alat pencuci mulut’ sehabis menyantap satu piring menu. Rasa manis pada apel karena kandungan gula alaminya yang cukup tinggi. Pada 100 gram apel terdapat 98.8 gram karbohidrat atau memenuhi 33% Akg.

8. Sereal
Bagi sebagian orang, sereal adalah menu wajib sarapan yang menyehatkan. Perut yang terbiasa mendapat sereal tiap paginya akan berasa lebih kenyang hingga waktu makan siang tiba. Hal ini terjadi karena pada semangkuk sereal ternyata 96% kandungannya adalah karbohidrat. Jadi, sepertinya Anda harus menjadikan sereal sebagai salah satu menu alternatif sarapan –selain roti yang juga tinggi karbohidrat.

9. Persik
Persik atau peaches adalah tanaman berbuah dari keluarga Rosaceae yang ditemukan di Cina. Buah persik mempunyai daging warna kuning yang mengeluarkan aroma harum. Pada bagian tengah daging terdapat satu biji keras. Buah ini bisa menjadi teman yang baik untuk Anda yang sedang berdiet. Berikut ini beberapa manfaat dari buah persik:
  • Konsumsi buah persik bisa membuat tubuh terasa lebih bugar berkat bantuan vitamin C-nya yang tinggi untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Daging buah persik memang lembut, tapi siapa kira kalau ternyata buah persik tinggi akan seratnya. Untuk itu, manfaatkanlah keberadaan serat itu untuk membantu kerja organ pencernaan Anda.
  • Selain vitamin, buah persik juga menyimpan sejumlah mineral berupa zat besi dan potassium. Kegunaan dari zat besi adalah untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh, sedangkan potassium dipakai untuk menjaga tekanan darah tetap stabil.
  • Peneliti juga menyarankan kita untuk menjadikan persik sebagai cemilan sehat. Alasannya karena persik mengandung cukup banyak air dan hanya mengandung sekitar 60 kalori, jadi sangat baik untuk tubuh yang ingin terbebas dari dehidrasi.

10. Pisang
Masih dalam kategori buah-buahan dengan kandungan karbohidrat tinggi, pisang masuk ke dalamnya. Pada 100 gram pisang terhitung jumlah karbohidrat sebanyak 88 g atau sekitar 29% Akg. Buah pisang termasuk ke dalam sumber karbohidrat sederhana. Sebagian orang yang gemar berolahraga (terutama angkat beban), biasanya rutin mengonsumsi ini sebelum dan sesudah latihan untuk segera mengisi kebutuhan karbohidrat tubuh.

11. Aprikot
Buah aprikot mirip seperti buah persik, warna dagingnya keemasan dan terdapat biji di tengahnya. Aprikot termasuk ke dalam buah yang rasa manisnya tajam. Manfaat kesehatan aprikot datang dari nutrisi yang dibawanya seperti vitamin A, vitamin C, beta-karoten, kalsium, dan kalium. Menariknya, buah aprikot ini tidak menyimpan kolesterol. Sedangkan total karbohidrat per 100 gram aprikot sebesar 83 gram.

12. Kranberi
Buah kranberi biasa diolah menjadi aneka makanan yang enak. Sebenarnya, apa sih manfaat dari buah kranberi ini sehingga menjadikannya cukup populer?

Sebagai obat untuk luka bagian tubuh yang tertancap panah. Ini merupakan salah satu kehebatannya. Informasi ini datang dari kebaisaan neneak moyang suku Indian kuno yang menjadikan kranberi sebagai warisan leluhurnya yang sengaja dihadirkan untuk mengobati luka tubuh akibat tertusuk anak panah.

Tadi hanya salah satu manfaatnya, sebenarnya masih banyak lagi. Tentu saja khasiat tersebut diperoleh dari sejumlah nutrisi yang dikantonginya. Beberapa vitamin yang terdapat di dalamnya ada vitamin A, B-12, C, E, dan K. Untuk mineral ada fiber atau serat yang berfungsi baik untuk sistem pencernaan dan meringakan risiko penyakit mengerikan seperti diabetes. Sementara karbohidratnya terhitung sebesar 82 gram per 100 gramnya.

Demikian daftar sumber karbohidrat kompleks dan sumber karbohidrat sederhana. Beberapa nama makanan lain yang ikut tergabung sebagai makanan yang mengandung karbohidrat adalah permen, sirup jagung, molase, produk gandum putih, kue, susu, biskuit panggang, yoghurt, labu, kacang polong, ubi jalar, jagung, brokoli (yang juga terdaftar dalam makanan yang banyak mengandung asam folat), asparagus, kol, terong, wortel, timun, dan tomat.

Tubuh akan selalu butuh energi, untuk itu penting bagi Anda selalu memenuhinya dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, baik itu jenisnya kompleks ataupun sederhana, asalkan terkontrol sehingga tidak menyebabkan diabetes.

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 31 Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi dan Rendah