24 Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya

Advertisement
Cara Mengobati Mata Bengkak. Kelopak mata yang mengalami pembengkakan akan mengganggu penglihatan penderita. Selain itu, rasa tak nyaman akibat gatal, tetapi ketika digaruk menjadi sakit merupakan masalah tambahan yang membuat para penderita banyak mengeluh.

Pada kali ini, Alokesehatan ingin menjelaskan apa penyebab mata bengkak. Tidak sampai di situ, tentu akan dibagikan juga cara mengobati mata bengkak baik dengan obat ataupun metode alami. Tips untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada mata pun akan diselipkan pula pada artikel ini. 

Diharapkan setelah Anda membaca tulisan ini, pengetahuan Anda bertambah. Juga pada lain hari ketika Anda atau saudara Anda tertimpa masalah yang sama, tidak perlu lagi kebingungan mencari cara mengatasinya mata bengkak akibat ini dan itu, karena di sini akan dibahas secara lengkap. Silakan disimak.

Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai Penyebab

Cara Mengobati Mata Bengkak dan Penyebab Mata Bengkak

Pembengkakan pada mata dapat disebabkan oleh banyak hal, ada yang tidak membahayakan dan ada juga yang serius. Dalam beberapa kasus, mata bengkak dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang parah serta mengancam kehidupan seseorang. Berikut ini kemungkinan penyebab terjadinya mata bengkak disertai cara mengobati  mata bengkak sesuai penyebabnya.

1. Alergi
Alergi adalah penyebab mata bengkak paling umum dialami banyak orang. Sejumlah alergi bisa dikatakan serius bilamana dampak yang ditimbulkan cukup riskan.Tetapi biasanya, para penderita mengalami pembengkakan akibat alergi ringan seperti reaksi negatif terhadap debu atau kosmetik dan bahkan serbuk sari.

Adapula reaksi alergi yang disebabkan oleh gigitan serangga sehingga mengakibatkan kelopak mata menjadi bengkak (note: tentu digigit di area sekitaran mata). Atau pada beberapa orang juga ada yang mengalami alergi terhadap bulu binatang. Bentuk reaksi lain yang ternyata juga memicu terjadinya mata bengkak adalah cairan lensa kontak yang Anda gunakan.

Catatan:
Alergi hanya akan mengenai mereka yang sensitif.

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Alergi:
  1. Pertama sekali yang mesti Anda lakukan adalah menghindari penyebabnya. Untuk membantu mengempeskan kelopak mata, gunakan kain dan air dingin. Caranya dengan mengompres mata, kegiatan ini dapat meringankan rasa gatal dan juga pembengkakan secara bertahap
  2. Untuk obat, gunakan obat golongan antihistamin seperti diphenhydramine, contohnya Benadryl. Diphenhydramine dapat dipakai untuk membantu meringankan gejala-gejala alergi yang konteksnya sama di sini. Tetapi fungsi yang ditawarkan hanya untuk mengurangi rasa gatal, bukan mengempeskan.

2. Konjungtivitis
Alodokter menjelaskan, konjungtivitis adalah inflamasi selaput mata bagian depan (konjungtiva) yang menyebabkan mata berwarna kemerahan. Kondisi ini juga disebut masyarakat awam sebagai sakit mata –yang sebenarnya banyak sekali jenisnya jika dilihat dari segi medis.

Konjungtivitis menjadi salah satu penyebab mata bengkak yang masih berkaitan dengan alergi terhadap tungau debu,  iritasi akibat sampo misalnya, dan infeksi yang terjadi akibat virus atau bakteri. Karena konjungtivitis termasuk penyakit yang dapat menular, maka perawatan sejak dini sangat perlu dilakukan.

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Konjungtivitis:
  1. Jauhi pemicu alergi. Gunakan obat dengan antihistamin agar alergi hilang. Selama proses perawatan, hindari memakai handuk dan atau bantal (note: untuk membatasi penyebaran akibat menuliarnya penyakit ini), serta rajin-rajinlah mencuci tangan.
  2. Bersihkan kelopak dan bulu mata dari lapisan yang lengket dan berkerat menggunakan kapas dan air dingin. Sebelum mata kembali sehat, jangan memakai lensa kontak.
  3. Pada kondisi yang sudah parah akibat infeksi bakteri, Anda bisa meminta bantuan pada obat tetes mata antibiotik. Tapi konjungtivitis pada umumnya akan hilang gejala dalam dua minggu.
  4. Usahakan untuk tidak menyentuh mata yang tidak sakit setelah Anda melakukan perawatan untuk mata yang sakit.
  5. Jangan keluar rumah jika tidak kepepet. Gunakan pelindung mata seperti kacamata saat beraktivitas di luar ruangan.
  6. Hindari pula menggunaan make up hingga sakit mata mereda.

3. Bintitan
Bintitan merupakan kondisi dimana tumbulnya sebuah bintil menyerupai jerawat kecil pada tepi kelopak mata, bisa di bagian luar ataupun dalam, namun yang terdapat pada tepi dalam kelopak mata akan terasa lebih sakit daripada di luar. Kondisi mata seperti ini tidak memberi dampak buruk pada penglihatan penderita.

Penyebab utama mata bengkak (bintitan) ini adalah bakteri stafilokokus. Bakteri ini menumpang hidup di bagian kulit manusia tanpa memberi efek buruk seperti penyakit. Tetapi bintitan yang terjadi lebih disebabkan oleh kecerobohan penderita, semisal keseringan menyentuh mata dengan tangan yang kotor.

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Bintitan:
  1. Tanpa dirawat sekalipun, dalam waktu satu hingga tiga minggu bintitan akan sembuh dengan sendirinya. Proses penyembuhan dimulai ketika bintil pada mata pecah dan mengeluarkan nanah. Perlu Anda ingat, bintil di kelopak mata tersebut sama seperti jerawat. Jadi, jangan dipaksa keluar nanahnya, biarkan berproses dengan sendirinya. Jangan pernah dipencet atau dipecahkan sendiri.
  2. Jagalah kebersihan mata dan hindari pemakaian make-up untuk sementara.
  3. Kompres dengan air hangat sehari 3 – 6 kali untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat deposit nanah.
  4. Jangan memakai soft-lens selama bintitan belum sembuh dengan sempurna.
  5. Konsumsi analgesik atau obat pereda nyeri bila diperlukan.

Cara Mencegah Mata Bintitan:
  • Jagalah kebersihan mata dengan tidak menggosok mata. Alasannya karena tindakan ini dapat menyebabkan iritasi serta memindahkan bakteri stalifokokus pindah ke mata.
  • Jangan mengucek mata. Apabila ingin menyentuh mata, cuci tangan terlebih dahulu.
  • Gunakan pelindung mata ketika Anda membersihkan rumah. Tindakan ini dapat mencegah masuknya debu ke dalam mata yang pada akhirnya menimbulkan reaksi alergi.
  • Bila Anda pemakai lensa kontak, senantiasa sterilkan lensa dan tangan Anda sebelum melakukan proses pemasangan.
  • Bagi Anda yang lebih sering ditemani kosmetik untuk berpenampilan. Hindari kosmetik yang melewati batas pakai, bersihkan wajah terutama mata sebelum tidur, dan buang kosmetik yang pernah membuat mata Anda bintitan.

4. Cedera Mata
Kelopak mata juga dapat mengalami trauma, seperti akibat operasi kelopak mata yang ternyata menjadi pemicu ternadinya peradangan dan mata bengkak. Tidak hanya itu, cedera yang dimaksud juga dapat disebabkan oleh benturan secara tidak sengaja yang mengenai mata.

Cara Mengatasi Mata Bengkak Akibat Trauma:
  1. Kompres dingin mata dengan kain bersih selama 10 menit sehari minimal 4 kali.
  2. Gunakan bantal lebih banyak (agar tinggi) untuk posisi tidur terbaik ketika mata mengelami cedera a.k.a pembengkakan.

5. Selulitis Orbita
Penyebab mata bengkak ini akibat infeksi bakteri yang jarang namun kondisinya serius yang membuat kelopak mata bagian atas dan bawah sekaligus mengalami pembengkakan. Beberapa gejalanya adalah demam, mata menonjol, fungsi penglihatan berkurang, dan sakit mata saat melirik.

Untuk pengobatan mintalah bantuan langsung kepada dokter mata.

6. Herpes Okular
Merupakan infeksi mata yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Penyebab mata bengkak yang satu ini biasanya tidak menimbulkan masalah serius. Penyakit herpes okular mirip dengan konjuntivitis, namun kondisinya lebih buruk di sini. Mata yang terinfeksi biasanya memiliki luka atau lepuhan menyakitkan.

Cara mengobati mata bengkak akibat herpes okular bisa langsung minta bantuan pada dokter mata.

7. Penyakit Graves
Dikutip dari Persify, penyakit graves merupakan kondisi di mana kadar hormon tiroid berjumlah lebih akibat produksi kelenjar tiroid yang berlebihan pula. Penderita penyakit graves bisa dilihat dari beberapa gejala, seperti rasa cemas, mudah emosi, kelelahan, penurunan berat badan, hingga penonjolan bola mata yang juga dianggap sebagai mata bengkak atau mata melotot.

Pengobatan penyakit graves harus ditinjau terlebih dahulu melalui jalur medis. Jadi, kunjungilah dokter mata terdekat.

8. Gangguan Ginjal
Sindroma nefrotik atau ginjal bocor merupakan salah satu penyakit ginjal yang memicu mata bengkak. Biasanya pasien mengalami kondisi mata yang membengkak saat bangun tidur di pagi hari. Kelopak mata tidak disertai rasa sakit, tetapi pembengkakan ternyata hampir dialami oleh seluruh tubuh (edema anasarka).

Pengobatan untuk mata bengkak yang disebabkan oleh sindroma nefrotik harus dipantau oleh dokter.

9. Menangis
Pasti Anda sering melihat orang yang setelah menangis, matanya terlihat agak membengkak. Atau mungkin Anda sendiri pernah mengalaminya?

Mata bengkak sehabis menangis juga sering disebut mata sembab. Adapun mekanisme yang menjadi penyebab timbulnya mata sembab adalah cairan air mata yang mengandung gram membuat mata menjadi kemerahan, selanjutnya pembuluh darah di bawah kulit mata yang tipis menjadi mmebesar. Kondisi akhir mata akan terlihat bengkak setelah menangis.

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Menangis:
  1. Gunakan obat tetes mata untuk mengatasi kemerahan dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah di mata.
  2. Kompres mata dengan kain bersih yang telah direndam ke dalam air dingin –atau balut langsung es batu dan tempelkan pada mata. Lakukan selama beberapa menit.
  3. Manfaatkan mentimun untuk mengurangi sembab kelopak mata. Langkahnya sama seperti menghilangkan mata panda, yakni mengiris timun dan menempelkan pada kedua mata sembari Anda tidur telentang.
  4. Sebisa mungkin konsumsi banyak air untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Cara ini cukup efektif untuk mengalirkan penumpukan cairan di bawah mata, sehingga mata tidak terlihat bengkak.
  5. Hindari makanan bernatrium tinggi karena memicu peningkatan retensi air yang membuat mata menjadi lebih bengkak.
  6. Bila kelima langkah sebelumnya tidak berhasil, serahkan masalah pada krim anti-peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah mata. Oleskan krim dengan jari manis pada kelopak mata bagian bawah.

10. Kurang Tidur
Mata bengkak akibat kurang tidur lebih umum dijuluki mata panda. Dinamakan seperti itu karena mata memang terlihat seperti mata panda, di mana terdapat kantung di bagian bawah mata.

Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur:
  1. Mentimun. Iris timun bulat pipih, tempelkan pada mata selama beberapa menit dengan posisi tubuh berbaring dan kepala lebih tinggi dari badan.
  2. Es Batu. Tempelkan es batu pada mata jika Anda kuat dingin. Jika tidak, gunakan pelapis kain bersih, caranya dengan dibalut.
  3. Kantung Teh Celup Bekas. Ambil dua kantung teh celup bekas. Tempelkan langsung pada kedua kelopak mata selama beberapa menit.

Sekian penjelasan mengenai cara mengobati mata bengkak berdasarkan penyebabnya yang dapat Alokesehatan berikan. Akhir kata saya hanya ingin mengingatkan: “Hubungi dokter segera bilamana kondisi mata bengkak yang menimpa Anda semakin memburuk”. Tindakan penanganan sedini mungkin dapat menjaga mata Anda tetap sehat.

Referensi:
  • http://www.allaboutvision.com/conditions/swollen-eyelids.htm
  • http://www.enkivillage.com/swollen-eyelid.html

Gambar: Flickr.com

Advertisement
Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 24 Cara Mengobati Mata Bengkak Sesuai Penyebabnya